Penyemprotan Desinfektan guna Penganggulangan COVID19

KENDAL, Desa Purwokerto (9/7) – Mahasiswa KKN UNDIP, Gurdo Agung Rumekso Adi pada minggu pertama melaksanakan KKN pada Desa Purwokerto, melakukan Analisa dan pengambilan informasi mengenai situasi Desa Purwokerto terhadap pandemi yang sedang berlangsung, dengan cara mewawancarai organisasi seerti RT, RW dan Kelurahan.

Sejak penyebaran COVID19 di Indonesia pada Maret 2020, menurut informasi pada Seksi Keamanan desa telah mempersiapkan dan menyusun rencana penanggulangan COVID19 agar kesejahteraan Desa Purwokerto terjaga dengan damai, mereka telah memberikan sosialisasi dengan rumah ke rumah, tidak ada pengumpulan masal dikarenakan diberlakukannya Social Distancing yang ketat pada Desa Purwokerto. Hal ini dilakukan agar masyarakat desa dapat memahami kondisi yang sedang berlangsung dan menyadari hal ini perluh dilakukan dengan kedisiplinan mandiri.

Menurut Bapak Karno, Seksi Keamanan bahwa telah dilakukannya upaya sosialisasi dari pint uke pintu masyarakat desa, namun masih terdapat permasalahan dimana masih terdapat remaja-remaja suka berkumpul di sekitar desa, beberapa masyarakat yang tidak memakai masker saat berpergian jauh, serta ketidak disiplinnya bagi yang mereka hendak bertamu dari luar kota dan tidak melaporkan kedatangan pada RT/RW setempat yang berpihak.

Dari beberapa masalah yang terjadi itu, ide untuk menanggulangan COVID19 perluh dilakukan lebih lanjut. Pemberhentian penyemprotan desinfektan yang sudah beranjak 3 minggu perluh dilakukan kembali. Pengusulan tersebut diharapkan bisa membantu keamanan warga desa dari pandemic yang sedang berlangsung. Pemberhentian sepertinya diakibattkan oleh dana yang kurang dari Balai Desa, serta penyemprotan hanya bisa dilakukan selama 2 kali pada inisial pelaksanannya. Diharapkan, peluang pada KKN ini dapat dilakukan penyemprotan desinfektan kembali. Serta, penyebaran informasi mengani pembuatan bahan Desinfektan dianjurkan untuk meminimalisir dana untuk bahan penyemprotan yang akan dilakukan, sebab keuangan dari Balai Desa / Kelurahan dikhawatirkan kurang untuk menyuplai cairan desinfektan dari pemerintahan.

Dengan demikian, Program Penyemprotan Desinfektan serta Pengajaran Pembuatan Desinfektan dharapkan dapat menjaga kesejahteraan warga Desa Purwokerto dalam menanggapi pandemi yang sedang berlangsung, yakni COVID19.

Editor: Lusi Nur Ardhiani