Wujudkan Remaja Tanpa Pergaulan Bebas, Mahasiswa UNDIP lakukan Edukasi NARS

Purworejo (18/7). Mahasiswa KKN Undip tahun 2020 melakukan serangkaian kegiatan yang dilakukan untuk mewujudkan generasi hebat melalui remaja-remajanya di Krajan RT 03 RW 02, Cangkrep Kidul, Purworejo. Remaja merupakan masa peralihan dimana mereka cenderung mencari jati diri. Selain itu, remaja juga seringkali dikaitkan dengan berbagai permasalan.  Tak luput juga di Dusun Krajan RT 3 RW 2 yang remajanya memiliki beberapa permasalahan antara lain kurangnya informasi terkait tumbuh kembang remaja, tidak adanya kegiatan khusus untuk remaja, terdapatnya 1 orang remaja yang mengonsumsi alkohol, serta ada sekitar 5 orang yang merokok. Oleh karena itu mahasiswa Undip tergerak untuk melakukan Edukasi NARS.

Edukasi NARS merupakan edukasi yang dilakukan dengan mengajarkan kepada remaja Krajan RT 3 mengenai NARS (Narkoba, Alkohol, Rokok, dan Seks Bebas). Kegiatan ini diawali dengan adanya pembentukan perkumpulan remaja “Posyandu Remaja RT 3 Dusun Krajan” yang kemudian dilanjutkan dengan pembentukan kader Posyandu.

Gambar 1. Pembentukan Posyandu Remaja RT 3 Dusun Krajan

Kegiatan Edukasi NARS dilakukan secara interaktif dengan menggunakan media papan balik kepada 5 kader Posyandu yang sudah terpilih. Adapun materi-materi yang diberikan yakni seputar pengertian narkoba, alkohol, rokok, dan seks bebas, bahaya mendekati NARS, pengaruhnya NARS bagi remaja, dan cara menanggulanginya. Selain pemaparan terkait NARS dilakukan pula pemaparan tentang tugas dan fungsi kelima remaja sebagai kader, dan juga pengajaran terkait cara mengukur tinggi badan, berat badan, dan mengukur tekanan darah.

Gambar 2. Pembentukan, pengarahan tugas dan edukasi NARS kepada Kader Posyandu Remaja

Kegiatan ini disambut baik oleh para remaja, terbukti dengan antusiasme  remaja yang tinggi pada saat pembentukan Posyandu Remaja ataupun pada saat sesi edukasi bersama dengan kader Posyandu Remaja yang terpilih. Menurut Pak Rochmat, selaku ketua RT yang ikut serta dalam kegiatan, perkumpulan remaja yang dibentuk sangat bagus dan kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan pun positif. Selain itu, Ayu selaku kader yang ikut dalam sesi edukasi NARS juga mengungkapkan bahwa edukasi yang dilakukan sudah sangat pas dengan keadaannya dan teman-temannya serta bahasa yang digunakan pun sangat mudah dipahami. Harapannya kegiatan Edukasi NARS ini dapat dilakukan secara berkala setiap satu bulan sekali kepada remaja yang tergabung dalam Posyandu Remaja RT 3 Dusun Krajan dengan kader Posyandu sebagai fasilitator.

Oleh : Setyo Ariyani / Fakultas Kedokteran / Keperawatan

Editor : Abdi Sukmono