Antisipasi Bencana Longsor

Letak Desa Papasan yang memiliki tingkat kelerengan yang tinggi dan morfologi berupa perbukitan menyebabkan kestabilan daya dukung tanah dan batuan yang rendah. Adanya potensi negatif ini akan menyebabkan rasa kewaspadaan yang tinggi apabila masyarakat setempat tidak mengetahui lokasi-lokasi yang rawan terjadi longsor dan cara penanggulangannya. Oleh karena itu, pada hari Kamis tanggal 26 Januari 2017 dilaksanakan 2 program monodisiplin Tim I KKN Undip Desa Papasan oleh mahasiswa Teknik Geologi yaitu Syahronidavi Al Ghifari yang menyampaikan sosialisasi bencana longsor serta oleh mahasiswa Kesehatan Masyarakat yaitu Tabita Kartikawati yang menyampaikan materi Siswa Siaga Bencana.

Kegiatan sosialisasi dilaksanakan kepada siswa/i kelas VII MTs Nahdlatul Ulama Desa Papasan. Sebelum kegiatan dimulai, mahasiswa yang bersangkutan mendapatkan arahan terlebih dahulu dengan kepala sekolah. Kemudian, kegiatan sosialisasi kepada siswa/i dimulai pada pukul 07.00 hingga 09.00 WIB. Kegiatan sosialisasi diawali oleh presentasi mengenai materi peta dan materi daerah rawan bencana longsor. Materi peta meliputi pengertian, fungsi peta, unsur-unsur peta dan jenis peta. Materi bencana longsor meliputi pengertian, penyebab terjadinya longsor, daerah rawah bencana longsor, dan cara penanggulangannya. Setelah presentasi, dilakukan tanya jawab dengan siswa/i MTs kelas VII sesuai dengan materi yang bersangkutan.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan penjelasan materi Siswa Siaga Bencana. Kegiatan ini mengenalkan siswa mengenai evakuasi saat keadaan darurat dan hal-hal apa saja yang harus dilakukan untuk mengevakuasi diri ketika terjadi bencana longsor. Tidak hanya teori tetapi siswa juga diajak untuk melakukan simulasi (praktik) evakuasi karena setelah kegiatan ini para siswa diharapkan mampu menyelamatkan diri mereka ketika terjadi keadaan darurat. Para siswa sangat antusias mengikuti kegiatan ini dari awal hingga akhir.

DSC02196

Foto 1. Penyampaian Materi Sosialisasi Bencana Longsor

DSC02211

Foto 2. Penyampaian Materi Siswa Siaga Bencana

DSC02232

Foto 3. Foto Bersama Siswa Kelas VII MTs Nahdlatul Ulama