Edukasi Pelaku Usaha untuk Memaksimalkan Penjualan Memanfaatkan Media Digital
Batang (19/07/2020), Universitas Diponegoro pada Kamis, 16 Juli 2020 telah melakukan upacara menerjunkan mahasiswanya dalam rangka KKN Undip Tim 2 2019/2020. KKN Undip dilakukan mulai tanggal 5 Juli 2020 dengan lokasinya yang kali ini berbeda dengan pelaksanaan KKN yang sebelumnya yaitu kampung halaman sendiri. KKN kali ini mengusung tema Pemberdayaan Masyarakat di Tengah Pandemi COVID-19 berbasis pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs).
Menilik situasi saat ini banyak masyarakat yang dianjurkan untuk mengurangi aktivitas diluar ruangan dan dihimbau oleh pemerintah untuk mematuhi kebijakan new normal. Dari salah satu himbauan pemerintah mengenai pengurangan aktivitas diluar ruangan membuat suasana daerah perkotaan maupun pusat keramaian menjadi lebih sepi. Dan tentunya hal tersebut berdampak kepada perekonomian masyarakat yang menggantunkan penghasilan harian seperti berjualan ditempat-tempat keramaian.
Caption 1 : Mahasiswa Undip (kiri) bersama dengan beberapa Pelaku usaha mandiri di desa Limpung.
Karena situasi tersebut , banyak yang akhirnya berwirausaha dari rumahnya masing-masing dan dipasarkan secara online dengan media digital. Hal tersebut menjadikan alasan mahasiswa untuk membuat program “Edukasi Digital Marketing untuk Pemaksimalan Penjualan Produk”. Dari hasil observasi yang dilakukan di RT2/RW2 Desa Limpung, banyak pemuda-pemuda yang membuat produk-produk rumahan seperti makanan dan ada pula yang menjadi reseller untuk produk-produk tertentu. Rata-rata pemuda-pemuda ini menjual barang jualannya secara online karena tidak memungkinkan bagi mereka untuk berjualan di luar ruangan karena adanya himbauan pemerintah.
Caption 2 : Mahasiswa Undip (Kiri) menyerahkan Surat Izin Pelaksanaan Program KKN di Wilayah Desa Limpung kepada Kepala Desa Limpung (kanan)
Didalam program tersebut mahasiswa menggunakan instant messenger dan media Sosial seperti grup Whatsapp, Facebook, Youtube, dan Instagram sebagai medianya untuk menyampaikan konten Edukasi kepada peserta program. Dalam satu waktu akan diadakan webinar menggunakan aplikasi grup videocall untuk mendapatkan interaksi dan pesan edukasi dapat tersampaikan lebih jelas.
Diharapkan dengan program “Edukasi Digital Marketing untuk Pemaksimalan Penjualan Produk” dapat memberikan pengetahuan bagi masyarakat agar lebih maksimal menggunakan media digital sebagai media memasarkan produknya untuk memperoleh keuntungan sebesar-besarnya. Masyarakat pun bisa lebih memahami manajemen usaha dengan menggunakan media digital.
Oleh : Yody Kurniandy (14040117140108/Ilmu Komunikasi)
Editor : Ragil Saputra, S.Si., M.Cs