BERDAYAKAN USAHA KECIL LEWAT MARKETING COMMUNICATION UMKM
KOTA BATAM –Selama pandemi COVID19, banyak pemilik usaha kecil mengalami kesulitan untuk mendagangkan usahanya, tak terkecuali pemilik usaha di Kecamatan Batu Aji. Oleh sebab itu diadakan diskusi branding promosi produk secara online serta pembahasan mengenai keadaan pasar Kota Batam pada 16 Juli pukul 20.00 WIB lewat video call whatsapp (16/7).

Kegiatan ini merupakan pelaksanaan dari program kerja pertama KKN Universitas Diponegoro yang dilaksanakan bersama usaha Dapur Oma dengan tujuan untuk membantu pemilik usaha dalam merencanakan publikasi media agar usahanya semakin dikenal di masyarakat serta membantu dalam pembuatan desain promosi produk. Karena saat ini Indonesia masih berada di tengah pandemic COVID19, oleh sebab itu diskusi tidak diadakan secara langsung, tetapi melalui video call whatsapp untuk menjalankan anjuran pemerintah agar tetap menerapkan physical distancing.
Pada diskusi dari itu, Dina Radika selaku mahasiswa KKN Undip menyampaikan penjelasan mengenai branding usaha dengan marketing communication sehingga mampu meningkatkan kesadaran target pasar terhadap usaha yang diperdagangkan. Selain itu juga, dilakukan briefing terkait kerjasama mahasiswa KKN bersama Dapur Oma untuk mendesain promosi produk usaha. Dapur Oma sendiri merupakan usaha masakan rumahan oleh Silawaty dibantu oleh anaknya Mayumi, yang baru berdiri sejak April lalu. Menu yang ditawarkan beragam tiap minggunya.

Dalam memasarkan produknya, Dapur Oma memanfaatkan whatsapp dan Instagram (@kangendapuroma) sebagai media publikasi usahanya. Sehingga perlu adanya strategi publikasi yang baik agar mendapatkan feedback positif dari target pasar.
Kerjasama ini diharapkan dapat menghasilkan output berupa desain konten promosi produk, copywriting produk, serta template upload produk Dapur Oma di media sosial yang dapat membantu usaha masyarakat Kecamatan Batu Aji di tengah pandemi COVID19.
Penulis: Dina Radika (Ilmu Komunikasi, FISIP)
Editor: Fajrul Falah (FIB)