SEMANGAT MENUJU DESA SIAGA, SEMANGAT MEMBASMI CORONA BERSAMA MAHASISWA KKN UNDIP MELANGKAH BERSAMA

Kab. Jepara (17/7/20) – Desa Siaga merupakan strategi baru dalam pembangunan Kesehatan yang memiliki konsep membangun suatu sistem di suatu desa yang bertanggung jawab memelihara kesehatan masyarakat itu sendiri, di bawah bimbingan dan interaksi dengan seorang bidan dan 2 orang kader desa. adanya desa siaga juga merupakan suatu wujud untuk pencegahan corona yang dilakukan oleh pemerintah pusat. dalam kesempatan kali ini mahasiswi KKN Tim II universitas diponegoro, Rahma Lailatush Shiyam berkesempatan untuk melaksanakan program “Pendampingan Inisiasi Desa Siaga Covid-19 Pada Warga Desa Lebuawu RT19/RW04”. bentuk dari pendampingan tersebut merupakan sosialisasi mengenai pencegahan covid, yang mana Adapun sasaranya merupakan warga desa lebuawu RT19/RW04 terutama pada anak – anak.

Dalam sosialisasi tersebut pertama kali dilakukan dengan mengunjungi TK nurul huda yang berlokasi di Desa Lebuawu RT19/RW04, yang kemudian disambut riang oleh murid-murid yang ada disana. selanjutnya  dengan media poster sebagai alat sosialisasi. Disitulah kemudian membentuk kelompok belajar dan menerangkan mengenai Langkah-langkah dalam pencegahan covid-19 tersebut. Posterpun menggunakan gambar serta warna yang warna warni sehingga mereka lebih menyukai dan gampang untuk mengingat maksud dari sosialisasi tersebut. Setelah dari TK kemudian ke tempat warga dengan melakukan sosialisasi covid bersama kelompok anak-anak yang sedang bermain. Disitulah metode yang digunakan pun sama yaitu menggunakan media poster. kegiatan selanjutnya adalah dengan mengunjungi rumah warga yaitu menggunakan sistem door to door yang mana disitu juga dilakukan sosialisasi menggunakan media poster dan ikut menempelkan poster tersebut di rumah warga. dalam sosialisasi tersebut mengajarkan mengenai Langkah-lengkah pencegah covid-19 yang meliputi, cara menggunakan masker, cuci tangan yang benar serta untuk selalu menjaga jarak.

sosialisasi pencegahan covid-19 di TK Nurul Huda di Desa Lebuawu RT19/RW04
kegiatan sosialisasi dengan warga Desa Lebuawu RT19/RW04 dengan sistem door to door

Adapun maksud dan tujuan dari terlaksananya pendampingan oleh mahasiswi KKN Tim II tersebut adalah agar masyarakat paham betul mengenai cara pencegahan corona dan Langkah-langkahnya serta dapat mempraktekan secara langsung dalam kehidupan sehari harinya, sehingga warga RT19/RW04 desa lebuawu mampu mendukung terlaksananya program desa siaga dengan cara ikut berpartisipasi dengan tetap patuh terhadap protocol Kesehatan yang ada.

Oleh : Rahma Lailatush Shiyam

(Administrasi Publik 2017 – FISIP )

DPL: Roro Isya Permata Ganggi