Sekolah Daring Harus Tetap Belajar Dong! Study Room (Pendampingan Belajar Untuk Anak-Anak Dusun Sumber Agung)

Secang, Magelang (18/7/2020). Mahasiswa KKN Undip melakukan pendampingan belajar (Study Room) untuk adik-adik Dusun Sumber Agung II khususnya yang sedang bersekolah dibangku Sekolah Dasar dari kelas 1 hingga 6. Akibat dari pandemi covid-19 ini sekolah-sekolah telah menerepkan proses pembelajaran secara daring. Tentu saja metode ini tidaklah sama dengan metode tatap muka. Ada beberapa kendala baik dari sudut pandang guru maupun siswanya. Salah satunya menjadi tidak optimalnya penyampaian materi pembelajaran kepada siswa. Pelaksanaan study room diharapkan mampu membantu adik-adik Dusun Sumber Agung II dalam belajar.

Suasana pendampingan belajar (Sumber: Dokumentasi Penulis)

Kegiatan pendampingan belajar dilakukan secara bergilir dengan durasi satu jam ditiap kelas. Dalam kegiatan ini juga disedikan beberapa alat bantu pembelajaran seperti mainan ular tangga perkalian, origami, gambar serta buku cerita. Alat bantu ini dipersiapkan guna mempermudah pembelajaran dan menarik perhatian adik-adik sehingga mereka tidak mudah bosan.

Salah satu alat bantu pembelajaran (Sumber: Dokumentasi Penulis)

Dalam kegiatan ini juga tetap menaati protokol kesehatan dengan memakai masker serta mencuci tangan sebelum dan sesudah pembelajaran. Jumlah anak ditiap kelas sebanyak 1-4 anak.

Cuci tangan terlebih dahulu sebelum memulai pembelajaran (Sumber: Dokumentasi Penulis)

Kegiatan ini disambut hangat oleh warga dan dikuti dengan antusias oleh adik-adik Dusun Sumber Agung II. Menurut Ibu Karim kegiatan ini mampu membantu orangtua yang terkadang tidak sempat mengajari anaknya belajar dikarenakan sibuk bekerja. Harapannya program pendampingan belajar ini dapat dilakukan secara rutin sekurang-kurangnya seminggu sekali dan semoga dapat bermanfaat bagi warga Dusun Sumber Agung II.

Penulis : Hindun Habibatul Mubaroroh/Statistika 2017

Editor : dr. Farmaditya Eka Putra, M.Si.Med, Ph.D