Mahasiswa UNDIP Beri Penyuluhan Pencegahan COVID-19 dan Pengelolaan Keuangan Usaha selama Pandemi

Parigi (18/7). Mahasiswa KKN Universitas Diponegoro melakukan penyuluhan secara door to door (pintu ke pintu) dengan memperhatikan protokol kesehatan. Adanya pandemi COVID-19 yang mengubah keadaan dimana masyarakat dihimbau untuk menghindari perkumpulan, kegiatan penyuluhan akan berisiko jika diadakan dalam suatu ruangan dengan banyak peserta. Untuk menyiasati hambatan tersebut, mahasiswa KKN Universitas Diponegoro melaksanakan penyuluhan secara door to door.

Tahun ini, UNDIP menerjunkan para mahasiswa untuk menyelenggarakan program KKN di daerah masing-masing. Program penyuluhan door to door dilaksanakan dari satu UMKM ke UMKM yang berlokasi di kelurahan Parigi, kota Tangerang Selatan, Banten. Penyuluhan yang diberikan membahas dua topik, yaitu pengelolaan keuangan di masa pandemi dan mengenai pencegahan COVID-19 bagi UMKM yang menjual makanan.

UMKM tidak luput terkena dampak dari adanya pandemi COVID-19. Pandemi COVID-19 yang membatasi tatap muka dan keluar rumah serta menimbulkan gangguan distribusi menyebabkan banyak UMKM yang dilaporkan mengalami gulung tikar. Penyuluhan yang dilaksanakan bermaksud agar pelaku UMKM di kelurahan Parigi menyadari dan memperoleh pengetahuan mengenai pengelolaan keuangan yang sebaiknya diterapkan selama situasi karena adanya pandemi COVID-19.

Pelaku UMKM menyimak penyuluhan oleh mahasiswa UNDIP

Penyuluhan juga membahas mengenai pencegahan COVID-19 bagi UMKM yang menjual makanan. Pelaku UMKM yang menjual makanan tidak boleh menyepelekan dan perlu mengetahui sumber penyebaran COVID-19. Maka dari itu penyuluhan juga membahas mengenai langkah pencegahan COVID-19 dalam kegiatan keseharian UMKM tersebut. Langkah pencegahan yang diperlukan diantaranya mencuci tangan sebelum menyiapkan makanan, menyemprotkan disinfektan pada permukaan rata yang ada di sekitar tempat berjualan seperti di meja dan kursi, selalu menggunakan masker karena berinteraksi dengan banyak orang meningkatkan risiko penularan virus, dan menjaga jarak aman. Selain itu, pengolahan makanan juga harus dilakukan dengan benar yaitu dengan mencuci bahan makanan mentah, menggunakan bahan yang aman untuk dikonsumsi, memisahkan bahan makanan yang mentah dan matang, menyimpan makanan pada suhu yang sesuai, dan memasak makanan hingga matang dengan suhu yang sesuai tingkat kematangan bahan makanan. Dengan diberikannya penyuluhan tersebut, diharapkan para pelaku UMKM di kelurahan Parigi dapat menerapkan langkah-langkah pencegahan COVID-19 dalam kesehariannya.

Penulis : Elan Levita Bana, Program Studi Akuntansi FEB

Editor : Naintina Lisnawati, S.K.M., M.Gizi