Belajar Asyik Perkalian Matematika Dengan BATANA (Batang Napier) Bersama Siswa SD Cilangkap

Cilangkap, Depok (13/7/2020), pandemi covid-19 yang masih terjadi di Indonesia terutama di Depok mengakibatkan seluruh siswa baik dari Sekolah Dasar (SD) sampai Sekolah Menengah Akhir (SMA) terpaksa harus melaksanakan kegiatan belajar mengajar di rumah secara daring dengan menggunakan whatsapp, Ms Teams, Google Meets, dan lain-lain. KBM yang dilakukan secara daring sendiri memiliki manfaat positifnya, dimana baik siswa maupun guru dapat sama-sama mengerti dan terbuka mengenai teknologi. Namun, KBM yang berlangsung secara daring ini juga dapat menimbulkan kurangnya kepahaman siswa terhadap materi yang diajarkan.

Pada kegiatan KKN kali ini, dengan mengimplementasikan point 4 Sustainable and Development Goals yaitu Quality Education maka mahasiswa UNDIP kecamatan Tapos, Depok melaksanakan kelompok belajar yang diikuti oleh siswa dari kelas 1 SD sampai kelas 3 SMP. Pada kegiatan ini siswa dikelompokkan berdasarkan tingkatan kelasnya dengan kapasitas kelompok maksimal sebanyak 5 orang, yang dilaksanakan setiap hari senin, rabu, dan jumat. Kelompok belajar ini bukan hanya mempelajari 1 mata pelajaran, melainkan terdapat 3 mata pelajaran salah satunya matematika. Pada saat mempelajari mata pelajaran Matematika, siswa dikenalkan oleh suatu alat peraga sederhana matematika yang dapat membantu siswa yang kesulitan dalam memahami Matematika.

Salah satu alat peraga matematika yang baru saja dikenalkan ke siswa kelas 4 SD yaitu Batang Napier, dimana siswa dapat menentukan perkalian puluhan, ratusan, bahkan ribuan secara mudah dengan Batang Napier. Setelah melaksanakan berbagai latihan, beberapa siswa merasa dengan alat peraga Batang Napier ini, menghitung perkalian menjadi lebih mudah dan lebih menyenangkan sehingga mata pelajaran matematika terutama pada hitungan perkalian yang selalu terlihat sulit dan membosankan, dapat diatasi dengan peragaan Batang Napier ini. ­

Penulis: Niki Aprilly Putri (FSM, Matematika)
Editor: Dr. Aju Putrijanti, S.H., M.Hum