Mahasiswa KKN UNDIP Galakkan Penggunaan Masker dengan Benar

Pati (19/07/2020). Seluruh negara di dunia tanpa terkecuali Indonesia saat ini sedang dihadapkan pada darurat kesehatan global yang mengancam seluruh aspek kehidupan manusia. Hal tersebut disebabkan karena munculnya sebuah wabah yang disebut dengan COVID-19 (Coronavirus disease-19) yang disebabkan oleh virus corona. Pandemi Covid-19 di Indonesia iniĀ  membuat pemerintah mengambil kebijakan untuk tetap di rumah, social distancing, dan bekerja dari rumah.

Adanya kebijakan tersebut berdampak pada model KKN yang akan dijalankan di perguruan tinggi. Tanpa terkecuali di Universitas Diponegoro. KKN itu dilakukan secara mandiri atau individu dan dilakukan di lokasi domisili (kampung halaman) mahasiswa yang bersangkutan atau memilih di luar domisili dengan alasan tertentu dan sesuai dengan protokol kesehatan.

Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di tengah pandemi Covid-19 ini menjadikan banyak mahasiswa melaksanakan kegiatan pengabdian terkait pencegahan COVID-19. Seperti yang dilakukan oleh Julla yaitu mahasiswi Universitas Diponegoro yang melakukan KKN di Desa Kembang Kecamatan Dukuhseti Kabupaten Pati.

Dalam menjalankan tugas, mahasiswa asal UNDIP tersebut membantu Tim Satgas dalam mensosialisasikan informasi mengenai Covid-19 dan cara pencegahannya. Salah satu kegiatan yang dilakukan oleh Julla adalah berpartisipasi dalam pembagian masker kepada warga desa bersama Bapak Suharto yaitu selaku ketua RT 07 RW 02 pada hari Senin13 Juli 2020. Pembagian masker ini dilakukan dengan mendatangi langsung rumah warga satu persatu dan setiap rumah diberikan sesuai dengan jumlah anggota keluarga yang berada di rumah tersebut. Selain itu dilakukan sosialisasi mengenai penggunaan masker yang benar kepada warga.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan warga sekitar semakin sadar akan bahaya pandemi COVID-19 dan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menggunakan masker saat beraktivitas diluar rumah saat pandemi COVID-19.

Penulis : Julla Mufarrikhah

Editor: Rani Tiyas