Pembuatan Flyer Edukasi untuk Warga penanganan Covid-19 tentang tata jaga jarak, memakai Masker dan Mencuci Tangan yang benar

SSemarang, Sumurboto, Banyumanik (17/7) Dengan adanya kondisi pandemi COVID-19 yang telah berlangsung selama berbulan-bulan, kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang biasanya dilakukan di desa-desa di Jawa Tengah kini dilakukan di domisili mahasiswa masing-masing. Oleh karena itu, mahasiswa yang menjalankan program KKN harus mampu beradaptasi untuk tetap membuat program yang relevan dan bermanfaat bagi masyarakat sekitar. Tema KKN Tim II Undip 2020 yang telah berlangsung sejak 5 Juli 2020 dan akan berakhir pada 15 Agustus 2020 adalah “KKN Pulang Kampung”.

Guna mengembangkan program kerja tersebut untuk masyarakat, mahasiswa melakukan pendalaman membuat  Flyer untuk membantu warga dan masyarakat setempat di RT 05 RW 04, Kelurahan Sumurboto, Kecamatan Banyumanik, kota Semarang mengetauhi dengan benar tata cara yang mungkin belum di praktik-kan oleh warga setempat. Sehingga saya ber inisiatif mengajak warga setempat untuk berkumpul dan mengikuti protokol kesehatan yang sedang berlangsung di Indonesia di masa pandemi ini untuk lebih memperhatikan kebersihan sesame dan saling mengingatkan karena berapa pentinganya mengikuti tata cara berjaga jarak, Memakai masker yang benar dan mencuci tangan secara berkala.

Edukasi ini perlu diberikan kepada masyarakat khususnya para warga  RT 05 RW 04 Kelurahan Sumurboto karena banyak dari mereka yang masih kurang perhatian dalam kebersihan serta pemakaian masker bahkan masih ada yang tidak memakai masker seakan tidak perduli dengan adanya Covid-19 ini dan masih menganggap remeh virus tersebut.  Selain itu program yang saya buat ini juga di dampingi dan di contohkan bagaimana tata caranya masing-masing serta kegunaan bagi warga sekitar yang masih aktif beraktifitas di luar maupun yang tetap stay di rumah saja.

 Harapannya melalui program edukasi Tata cara yang benar dan membagikan Flyer kepada warga serta menempelkannya ke kelurahan serta ke kecamatan setempat agar warga yang berkuntung dapat melakukan tata cara yang benar. Serta flyer yang saya akan tempel dan bagikan dapat membuat warga lebih tertarik dengan tata cara menjaga kesehatan dan mengetahui cara pencegahan, penularan, dan segera mempraktek-kan tata cara yang benar serta bisa memberi contoh kepada teman atau kerabat yang lainnya.

Oleh: Putri Andira Safitri; S1-Manajemen; Fakultas Ekonomika dan Bisnis; Universitas Diponegoro

Editor: Dr.Ir.Suzanna Ratih Sari,MM,MA