KARENA MAHASISWA UNDIP, PINGGIRAN IBU KOTA SEMAKIN SEHAT!

Kota Tangerang Selatan (15/07/20) – KKN tim II UNDIP 2020, Kelurahan Bambu Apus merupakan salah satu kelurahan yang terletak di pinggiran ibu kota DKI Jakarta tepatnya di bagian selatan DKI Jakarta. Lokasi desa yang demikian menjadikan Bambu Apus termasuk daerah dengan zona merah sama seperti ibu kota, karena sebagian besar warganya bekerja di ibu kota. Selain itu lokasi metropolitan  menjadikan desa ini cukup berpolusi bahkan sudah dikatakan tercemar polusi. Selain itu, warga desa juga mempunyai persepsi dan kesadaran yang kurang terkait pentingnya kesehatan.

KKN TIM II UNDIP yang dilaksakan pada 5 Juli – 15 Agustus 2020 mengusung tema “Pemberdayaan Masyarakat di Tengah Pandemi COVID-19 Berbasis Pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs)” dilaksanakanoleh para mahasiswa secara mandiri di lokasi tempat tinggal masing-masing. Desa Gebugan menjadi salah satu lokasi yang digunakan oleh salah satu mahasiswa UNDIP untuk melaksanakan program KKN.

Oleh karena itu, adanya sosialisasi terkait pembuatan sabun dengan bahan dasar limbah minyak, dapat meningkatkan kesehatan masyarakat dengan cara mudah, simpel, dan tejangkau. Dengan adanya terobosan alternatif ini, diharapkan masyarakat sadar bahwa kesehatan berawal dari badan kita sendiri.

Diskusi secara umum dengan pengurus RT tentang keluhan masyarakat

Menurut Usman, selaku tokoh masyarakat yang sering terjun langsung ke lapangan mengatakan, bahwa ia sering kali mengawal ambulan keluar masuk daerah sini untuk mengangkut masyarakat yang terpapar oleh covid-19.

“Itu seharusnya tugas diri kita masing-masing ya bukan tugas pemerintah untuk biasa hidup sehat, tapi kita hanya membingbing saja” Ujarnya.

Terkait hal ini, seluruh warga kelurahan khususnya RT 05/001  menjadi tokoh yang  dapat membawa perubahan positif desa terkait dengan kemajuannya dalam hal kesehatan. Seperti kita ketahui bahwa kesehatan dapat mempengaruhi berbagai aspek kehidupan.

Editor : Naintina Lisnawati, S.KM., M.Gizi