Perizinan Program Membangun Kesehatan Mental dan Keselamatan Bersama di dalam Keluarga

Depok (20/07/2020). Pelaksanaan KKN Tim II tahun 2020 ini cukup menantang bagi mahasiswa karena KKN dilaksanakan secara individu di daerah masing-masing dengan mengambil tema Pemberdayaan Masyarakat di Tengah Pandemi Covid-19 Berbasis pada Tujuan Pembangunan Bekelanjutan. Pelaksanaan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) sudah dilakukan oleh beberapa mahasiswa Undip, salah satunya adalah di RT 004 / RW 023, Kelurahan Baktijaya, Kecamatan Sukmajaya, Depok. Kegiatan di minggu pertama adalah melakukan ijin kepada Ketua RT 004 / RW 023. Perizinan tetap berlangsung lancar dan tetap melakukan physical distancing ketika bertamu. Perizinan disambut dengan baik dan mulai membicarakan gambaran mengenai program KKN yang akan diselenggarakan di lingkungan RT/RW setempat. Perizinan berlanjut dengan Ketua RW 023 Kelurahan Baktijaya dan Bendahara RW 023. Keduanya memperizinkan untuk melakukan program di wilayah tersebut. Selain itu, keduanya mendapat gambaran kecil mengenai program yang akan dilaksanakan.

Terdapat dua program yang akan dilaksanakan. Yang pertama adalah program yang berjudul Menjaga Kesehatan Mental yang Positif bersama Keluarga. Latar belakang diadakannya program ini adalah untuk Meningkatkan kesadaran kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga kesehatan mental di tengah pandemi Covid-19. Program tersebut akan dilakukan dengan cara membagikan buku saku yang berisi mengenai tips utnuk tetap dapat menjaga kesehatan mental di era pandemi ini. Tujuannya adalah memberikan informasi tambahan mengenai menjaga kesehatan mental yang baik dan masyarakat dapat melakukannya sendiri di rumah.Mengedukasi warga mengenai pentingnya kesehatan mental bagi jiwa raga, serta mengurangi konflik yang dapat terjadi didalam rumah.  Program kedua adalah Safety First: Panduan Menjalani Aktivitas pada New Normal. Program ini dilakukan untuk mendukung tema ketiga dari tujuan pembangunan berkelanjutan, yakni memastikan kehidupan yang sehat dan mendukung kesejahteraan bagi semua untuk semua usia. Tujuan dibentuknya program adalah masyarakat mengetahui hal-hal penting yang harus diperhatikan saat menjalani aktivitas di masa New Normal dan masyarakat menjadi sadar untuk selalu memperhatikan protokol kesehatan. Keberjalanan program akan dibantu dengan pihak pengurus RT/RW sehingga sosialisasi program kepada masyarakat dapat terlaksana dengan baik. Adapun, saya diberikan saran-saran agar program ini dapat terlaksana dengan baik.

Kegiatan pada minggu kedua adalah melakukan persetujuan proposal, observasi lingkungan dan mengikuti upacara penerjunan KKN UNDIP TIM II 2020. Observasi lingkungan dilakukan dengan melihat lingkungan sekitar dimana progam akan dilaksanakan. Selanjutnya adalah melakukan perizinan proposal dengan Ketua RT 004/RW023 Kecamatan Sukmajaya, Kelurahan Baktijaya, Kota Depok. Ketua RT sangat tersanjung dengan adanya program ini dan menyetujui kedua proposal tersebut.

“Program ini sangat baik dan mungkin akan berguna bagi masyarakat, tertutama memang banyak keluarga yang mengalami stres ketika bekerja dari rumah dan masih ada yang sulit untuk membedakan mana tugas rumah tangga dan mana tugas pekerjaan”, begitu komentarnya. Perbincangan berlangsung dengan baik dan tetap melakukan jaga jarak. Pembicaraan juga membahas apa saja yang menjadi masalah dalam lingkungan dan bagaimana prosedur pelaksanaan program akan dilakukan. Selain itu, pelaksanaan upacara penerjunan KKN UNDIP TIM II 2020 juga berlangsung dengan baik yang disiarkan melalui media sosial, Youtube.

Oleh: Ignatius Andika Sigit, Psikologi 2017