BERSAMA PMI KENDAL, MAHASISWA KKN UNDIP LAKUKAN DISINFEKSI LINGKUNGAN PASAR

KENDAL, Desa Sukorejo (17/7) – Mahasiswa KKN TIM II UNDIP Kabupaten Kendal pada minggu keduanya melaksanakan KKN di Desa Sukorejo berkesempatan untuk menjadi relawan PMI (Palang Merah Indonesia) dalam melaksanakan penyemprotan berkala terhadap tempat umum. Penyemprotan desinfektan ini berlangsung pada hari Jumat bertempat di Pasar Sukorejo.

Penyemprotan ini merupakan penyemprotan ketiga sejak virus corona mulai menyebar hingga ke lingkungan desa. Sejak pandemi virus corona mulai menyebar pada bulan Maret 2020 lalu, segala upaya pengurangan penyebaran penularan virus corona ini dilakukan oleh pihak pengelola pasar dan pedagang yang ada di Pasar Sukorejo. Mulai dari menyediakan tempat cuci tangan, membentangkan spanduk tentang himbauan perilaku hidup sehat, dan melakukan penyemprotan desinfektan di lingkungan pasar.

Pelaksanaan Penyemprotan Disinfektan di Area Pasar Sukorejo

Pasar Sukorejo dipilih sebagai tempat yang dilakukan penyemprotan desinfektan karena dianggap beresiko sebagai salah satu titik vital penyebaran virus corona, karena pasar merupakan tempat bertransaksi barang antara penjual dengan pembeli secara konvensional sehingga dapat menimbulkan kerumunan dan keramaian. Disisi lain, penyemprotan dilakukan agar menambah kesadaran warga, baik penjual dan pembeli maupun warga sekitar yang biasa datang ke pasar tersebut tentang pentingnya disinfeksi lingkungan.

‘Disinfeksi Pasar Sukorejo ini dilakukan secara berkala yaitu sebulan sekali, karena selain di Sukorejo terdapat pasar-pasar lain di Kendal yang harus dilakukan penyemprotan,” ujar Mbak Sita, salah satu anggota PMI Kendal. “Setiap 2 hari sekali, kita berpindah dari satu pasar ke pasar yang lain yang ada di Kendal,” lanjutnya. Mahasiswa bersama dengan Tim PMI Kendal melakukan penyemprotan desinfektan yang dimulai dari area dalam gedung baru Pasar Sukorejo menuju area lapak para penjual daging dan berakhir di area depan Pasar Sukorejo.