Save Our Sea: Mahasiswa KKN Undip Kampanyekan Gerakan Mengurangi Sampah Plastik !

Sosialisasi secara langsung ke ibu-ibu Dawis Flamboyan RT 02 / RW 12 dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan

Jatisari, Semarang (17/07/2020) – Mahasiswa KKN Tim 2 Undip 2019/2020 melakukan penyuluhan mengenai bagaimana cara mengolah sampah yang baik sesuai jenisnya dan bahaya apa saja yang bisa terjadi jika sampah kita sampai ke ekosistem laut secara daring melalui Platform zoom dan offline pada masyarakat RT 02 / RW 12 Jatisari. Pentingnya pemahaman mengenai bahaya apa saja yang bisa terjadi jika sampah kita sampai ke ekosistem laut perlu diperhatikan setiap individu.

“Kesadaran mengenai gerakan mengurangi sampah plastik dan memilah sampah sesuai jenisnya perlu dilakukan dan ditingkatkan mengingat betapa pentingnya gerakan ini agar tetap terjaganya kelestarian ekosistem yang berada dilaut maupun didarat. Semakin banyak sampah plastik di lautan, maka semakin besar ancaman bagi kelestarian ekosistem di laut.” ucap Talitha Rahma, mahasiswa KKN TIM II Undip tahun 2020.

Kesadaran masyarakat yang rendah mengenai bahaya sampah apabila sampai ke ekosistem laut sangat menghawatirkan. Masih sangat sedikit masyarakat yang membuang sampah tepat sesuai jenisnya. Bahkan tak sedikit pula masyarakat yang sering menggunakan sedotan plastik dan kantong kresek untuk berbelanja sehari-hari (seperti berbelanja sayur mayur, dll).

Oleh karena itu, pada sosialisasi kali ini mahasiswa KKN Tim 2 Undip 2019/2020 melakukan penyuluhan mengenai bagaimana cara mengolah sampah yang baik sesuai jenisnya dan bahaya apa saja yang bisa terjadi jika sampah kita sampai ke ekosistem laut. Selain itu, mahasiswa KKN Tim 2 Undip 2019/2020 pun menyerukan dan mengajak warga untuk ikut serta dalam gerakan mengurangi sampah plastik. Tak kalah menariknya lagi, mahasiswa KKN Tim 2 Undip 2019/2020 pun mengajarkan bagaimana cara mengubah sampah yang awalnya tidak bernilai menjadi bernilai.

Sosialisasi ini di ikuti oleh ibu-ibu Dawis Flamboyan RT 02 / RW 12 Kelurahan Jatisari secara langsung dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Selain itu dilakukan pula sosialisasi secara online melalui aplikasi zoom ke anak-anak muda sekitar RT 02 mengingat hanya sedikit dari masyarakat yang mengerti dan mahir mengenai teknologi daring seperti ini.

Sosialisasi secara daring ke remaja RT 02 / RW 12

Kelanjutan dari sosialisai ini akan dilakukan dengan cara menyebar poster-poster mengenai bahaya sampah apabila sampai ke ekosistem laut dan ajakan untuk mengurangi sampah plastik di tempat yang sering dilalui oleh orang banyak, seperti di pos ronda, balai RW serta gang-gang rumah warga dan sekitarnya, supaya masyarakat dari berbagai kalangan mendapat informasi mengenai pentingnya mengurangi sampah plastik dan memilahnya sesuai jenisnya agar tetap terjaganya kelestarian ekosistem laut maupun darat.