Mahasiswa KKN UNDIP Lakukan Edukasi Lansia terkait Asupan Nutrisi pada Masa Pandemi COVID-19

Edukasi tentang Asupan Nutrisi Lansia pada Masa Pandemi COVID-19

Kudus (19/7/2020) – Mahasiswa KKN tim II UNDIP yang benama Nisa Khoirun Nafia melakukan program KKN berupa edukasi tentang asupan nutrisi pada masa pandemi COVID-19 bagi lansia di Desa Karangmalang RT.01/RW.01. Program ini merupakan bentuk pemberdayaan lansia yang penting dan perlu dilakukan pada lansia terutama pada masa pandemi COVID-19. Meskipun pembatasan sosial berskala besar masih diberlakukan, namun hal tersebut tidak menyurutkan mahasiswa KKN UNDIP untuk memberikan pengetahuan baru dengan melakukan edukasi pada lansia di daerah tersebut secara door to door dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Tujuan dari program ini yaitu agar para lansia di Desa Karangmalang RT.01/RW.01 mengetahui pentingnya memperhatikan asupan nutrisi terutama bagi lansia yang memiliki sistem kekebalan rendah dan rentan terkena COVID-19. Sebelum terlaksananya program ini, mahasiswa KKN UNDIP melakukan skrining terlebih dahulu di rumah-rumah lansia dengan menggunakan Mini Nutrisional Assessment (MNA) untuk mengetahui status gizi lansia di Desa Karangmalang RT.01/RW.01. Hasil skrining menunjukkan bahwa status gizi sebagian besar lansia di Desa Karangmalang RT.01/RW.01 masih tergolong rendah dan kemungkinan berisiko gizi buruk. Sehingga perlu dilakukan edukasi kepada lansia agar memperhatikan asupan nutrisi terutama pada masa pandemi COVID-19.

Pada edukasi asupan nutrisi lansia ini, mahasiswa KKN UNDIP menjelaskan macam-macam nutrisi yang diperlukan untuk lansia pada masa pandemi COVID-19 serta memberikan contoh produk makanannya dan menjelaskan juga tips menyiapkan makanan untuk lansia agar nafsu makan lansia meningkat. Selain melakukan edukasi, dilakukan juga pengukuran berat badan dan tinggi badan pada lansia untuk menentukan Indeks Masa Tubuh (IMT) lansia. Kegiatan edukasi ini diakhiri dengan membagikan poster tentang asupan nutrisi lansia pada setiap rumah lansia yang dilakukan edukasi dan dilanjutkan dengan foto bersama oleh mahasiswa KKN dan para lansia yang mendapatkan edukasi di rumah masing-masing.

Membagikan Poster tentang Asupan Nutrisi Lansia kepada Warga Lansia di Desa Karangmalang RT.01/RW.01

Terbentuknya program KKN ini merupakan bentuk kepedulian mahasiswa KKN UNDIP dalam mengatasi permasalahan yang ditemukan di desa ini. Harapannya dengan dilakukan program KKN ini dapat bermanfaat bagi masyarakat setempat terutama para lansia di Desa Karangmalang RT.01/RW.01 dan masyarakat lebih memperhatikan asupan nutrisi pada lansia serta mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga asupan nutrisi lansia terpenuhi dan menurunkan risiko untuk tertular COVID-19.

Oleh: Nisa Khoirun Nafia (22010117120011)

Editor: Dr.Ir.Yoyok Budi Pramono, S.Pt.M.P.