GIGI SEHAT, TIDAK PEDULI USIA

ENREKANG – Rampan karies atau gigi berlubang merupakan suatu masalah kesgimul (kesehatan gigi dan mulut) yang sering terjadi baik pada anak usia balita, remaja, dewasa, dan tak terkecuali pada lansia. Masalah ini merupakan masalah yang sangat umum terjadi, dipengaruhi berbagai factor. Contohnya pola makan dan cara membersihkan gigi.

Terdapat beberapa fakta yang perlu diketahui, terlansir dari WHO (World Health Organization) :

  • Global Burden of Desease Study 2016 memperkirakan bahwa penyakit gigi dan mulut berupa karies gigi memengaruhi setengah dari populasi dunia.
  • Factor risiko penyebab penyakit gigi dan mulut antara lain diet tidak sehat yang tinggi gula, penggunaan rokok dan alcohol, serta kurangnya menjaga oral hygiene.

Berdasarkan beberapa factor tersebut penyakit gigi (karies) sering terjadi tak terkecuali di desa Bamba kabupaten Enrekang. Nurul Maghfirah A selaku mahasiswa KKN Tim 2 UNDIP 2019/2020, menjalani program KKN di domisili sendiri sehubungan dengan keadaan pandemic COVID-19 memilih salah satu program yakni “Penyuluhan Pentingnya Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Pada Masa Pandemic”. Program ini sangat penting karena perlu diketahui bahwa kesehatan gigi dan mulut merupakan cerminan dari kesehatan individu secara keseluruhan.

(Melakukan perizinan pelaksanaan program dengan ketua RT setempat)

Sasaran kegiatan penyuluhan tidak lah peduli usia. Mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, bahkan lansia. Penyuluhan sendiri akan diadakan sesuai yang terjadwal pada program, yakni mulai dari minggu ke 3 dilaksanakannya KKN (21 Juli 2020). Materi penyuluhan yang ditujukan kepada masing-masing kelompok dibedakan berdasarkan kecenderungan gangguan kesehatan gigi dan mulut yang biasa menimpanya.

Dalam penyuluhan ini, mahasiswi yang bersangkutan akan menjelaskan mengenai contoh masalah-masalah yang sering terjadi di rongga mulut, penyebab penyakit, dan cara mengatasinya. Hal ini bertujuan supaya masyarakat tetap memperhatikan kesehatan gigi dan mulutnya pada masa pandemic ini.

Editor : Diar