#22-B-D3 PROLANIS CAPAI KUALITAS HIDUP OPTIMAL PENDERITA PENYAKIT KRONIS#

Rabu (08/07/2020) di Tlogodowo, Wonosalam, Demak telah dilaksanakan kegiatan Prolanis yang diikuti oleh Ifana Auliyya (Mahasiswa KKN TIM II UNDIP 2020 Kabupaten Demak) dibawah bimbingan Bpk. Besar Tirto Husodo,S.Sos.,M.Kes.

Gambar 1. Foto bersama Tim Puskesmas setelah selesai kegiatan

Sejumlah warga yang tergabung dalam Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis), berkumpul di Rumah Kepala Desa Tlogodowo.

Gambar 2. Tempat pelaksanaan di Rumah Kepala Desa Tlogodowo

Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis) ini adalah sistem pelayanan kesehatan dan pendekatan proaktif yang melibatkan peserta, fasilitas kesehatan, dan Tim Puskesmas dalam rangka memelihara kesehatan peserta BPJS Kesehatan yang menderita penyakit kronis khusus Diabetes Melitus dan Hipertensi, sehingga dapat mencapai kualitas hidup yang optimal dengan pelayanan kesehatan efektif dan efisien.

Manfaatnya bagi peserta, mereka diberikan pengetahuan tentang berbagai penyakit kronis dan hal-hal yang harus dihindari termasuk cara merawat diri seperti menjaga pola makan, apa saja yang perlu dibatasi terutama dalam mengkonsumsi makanan.

Adapun tujuan program ini adalah untuk mendorong para peserta penyandang penyakit kronis agar mencapai kualitas hidup optimal dengan indikator peserta terdaftar yang berkunjung ke Faskes Tingkat Pertama (FKTP) memiliki hasil “baik” pada pemeriksaan spesifik terhadap penyakit DM  dan Hipertensi sesuai Panduan Klinis.

Dalam kesempatan tersebut, para peserta yang hadir diberikan edukasi. Para peserta juga diberikan penyuluhan pada setiap pertemuan yang diadakan setiap sebulan sekali pada hari Rabu awal disetiap bulannya. 

Peserta yang hadir mematuhi protokol kesehatan dengan mencuci tangan terlebih dahulu, memakai masker. Dilanjutkan mengambil nomor antrian dan menunggu untuk dipanggil. Setiap peserta dilakukan cek berat badan, tekanan darah, dan glukosa darah. Dan sebelum pulang diberikan snack makanan.

Gambar 3. Ikut membantu melakukan cek tekanan darah