*Masyarakat Desa Mindahan Kidul, Batealit, Jepara Tidak Perlu Risau dengan Bau Peternakan

   

Mindahan Kidul, Batealit (18/7/2020) – Tema yang disusun KKN UNDIP TIM II Periode 2019/2020 yaitu “Pemberdayaan Masyarakat di Tengah Pandemi COVID-19 Berbasis pada Pembangunan Berkelanjutan (SDG’s). Kegiatan KKN kali ini dilaksanakan di daerah tempat tinggal masing-masing sehingga dikenal dengan KKN Pulang Kampung. Program kerja pertama yang dilaksanakan yaitu pembuatan pupuk kompos dengan memanfaatkan limbah peternakan dan limbah rumah tangga. Latar belakang dari program ini yaitu mayoritas masyarakat desa memiliki hewan ternak dan belum dapat mengolah secara optimal limbah peternakan.

Limbah peternakan yang jumlahnya semakin menumpuk tanpa adanya pengelolaan mampu mencemari lingkungan akibat bau yang dihasilkan. Pengolahan limbah peternakan dapat dilakukan dengan pembuatan pupuk kompos. Pupuk kompos merupakan pupuk organik yang dibuat dengan cara menguraikan sisa-sisa tanaman dan hewan dengan bantuan organisme hidup. Kompos yang telah jadi nantinya dapat dipakai mayarakat untuk suplai hara bagi tanaman.

Kegiatan pelatihan dalam pembuatan pupuk kompos diikuti oleh pemuda-pemudi karang taruna desa Mindahan Kidul yang berkolaborasi dengan bank sampah desa. Program pembuatan pupuk kompos diharapkan dapat membantu mengurangi limbah peternakan dan limbah rumah tangga, meningkatkan kebersihan lingkungan, dan menghasilkan produk berupa pupuk organik yang dapat dijual guna membantu perekonomian mayarakat ditengah pandemi saat ini.

Sumber Pustaka :

Hamdiani, S., N. Ismillayli., S. R. Kamali dan S. Hadi. 2018. Pengolahan mandiri limbah organik rumah tangga untuk mendukung pertanian organik lahan sempit. J. Pijar MIPA, 13 (2) : 151 – 154.

Oleh : Silviana Nurul Maziyah

Agroekoteknologi, Fakultas Peternakan dan Pertanian, Universitas Diponegoro.

Dosen Pembimbing Lapangan : Ir. Hermin Werdiningsih, MT.