PENGGUNAAN DESINFEKTAN DAN HAND SANITIZER SAAT PEMBAGIAN SEMBAKO COVID-19

(Audrey Kartika Putri) Tanjung Priok, Jakarta (20/07) – Kegiatan Kuliah Kerja Nyata Tim II tahun 2020 diikuti oleh Mahasiswa/i Universitas Diponegoro dan diselenggarakan di daerah domisili masing-masing Mahasiswa/i Universitas Diponegoro yang mengikuti kegiatan KKN. Kegiatan KKN Tim II tahun 2020 ini diselenggarakan dengan cara demikian karena terdampak oleh Pandemi Covid-19. 

RT. 09 Rawa Badak Selatan mendapatkan bantuan sosial berusa satu paket sembako dari Pemerintah DKI Jakarta kepada setiap Keluarga yang didaftarkan pada RT. 09 dan memiliki Kartu Keluarga yang sah dan terdaftar. Hasil diskusi saya bersama Pak RT menyimpulkan bahwa kegiatan yang dibutuhkan oleh daerah kami adalah himbauan untuk menjaga jarak saat mengantre sembako dan membagikan cairan desinfektan bagi setiap warga yang mengantri pengambilan sembako. Hal tersebut dilakukan agar warga masyarakat RT. 09 yang mengambil sembako dapat menjaga kesehatan satu sama lain dan meminimalisir virus Covid-19 melalui pemakaian cairan desinfektan oleh setiap orang baik sebelum dan setelah menerima bantuan sosial berusa sembako.

Oleh karena itu saya akan menggalakan kegiatan KKN berupa pembagian hand sanitizer (cairan desinfektan) kepada warga masyarakat yang mengantre pengambilan bantuan sosial berusa sembako dari pemerintah DKI Jakarta, hal tersebut dilakukan untuk meminimalisir perpindahan virus/bakteri yang ada pada orang lain sehingga dapat meminimalisir masyarakat terkena virus Covid-19. Besar harapan saya kegiatan ini dapat berjalan dengan baik dan lancer sesuai niat baik saya untuk mencegah Covid-19 menjangkiti lebih banyak orang lagi di Jakarta.

Manfaat yang dapat dirasakan Masyarakat dari Program kegiatan yang saya selenggarakan adalah :

  1. Warga masyarakat yang mengantre bantuan sosial terjaga kesehatannya
  2. Meminimalisir kemungkinan warga masyarakat yang mengantre bantuan sosial terinfeksi virus corona dari orang lain
  3. Menjaga kesterilan penerima dan pemberi bantuan sosial dari virus Covid-19
  4. Penerima bantuan sosial dapat mengambil sembako dan kembali ke rumah dengan aman dan nyaman serta tidak membahayakan orang lain yang ditemui di kantor RT ataupun keluarga di rumah
  5. Meminimalisir penerima bantuan sosial menjadi carier Covid-19 kepada orang lain

Tahap persiapan yang sudah saya lakasanakan dalam program kerja yang akan saya laksanakan selama 2 minggu ini adalah : 

  • Survey wilayah yang akan menjadi tempat pelaksanaan program kerja Kuliah Kerja Nyata yang akan saya laksanakan
  • Membuat Proposal kegiatan KKN yang akan saya laksanakan serta meminta persetujuan Pak RT setempat, dimana program kerja yang saya galakan akan dijalankan
  • Mengurus perizinan dengan Pak Camat di Kantor Kecamatan Koja
  • Mempelajari cara membuat desinfektan dan hand sanitizer dengan alkohol, cairan desinfektan, dan air
  • Melakukan pemotretan daerah rumah saya yang menunjukkan bahwa masih banyak anak-anak hingga orang dewasa berkerumun dengan jarak tidak aman, tidak menggunakan masker, dan saling bersentuhan satu sama lain.