Cegah Corona di Zona Merah? Sambil Berwirausaha? Gampang!

Depok (21/7), per 9 Juli 2020, Pemerintah Depok mengumumkan terdapat 211 kasus positif Covid-19 di Kota Depok yang tersebar pada 13 kelurahan pada 7 kecamatan. Tidak hanya sampai disitu, keadaan semakin parah dengan pengumuman bahwa tepat 20 Juli 2020 kemarin, Kota Depok memperoleh “title” yang memilukan yakni kota dengan kasus tertinggi di Jawa Barat dengan tepatnya 1.011 kasus positif Covid-19 (Kompas 20 Juli 2020).

Pandemi telah mengakibatkan hilangnya pekerjaan serta terpotongnya penghasilan keluarga, selagi memfokuskan mindset untuk kesehatan dan keselamatan diri maupun keluarga. Mahasiswa Undip tengah melakukan program dalam rangka mencegah penyebaran Covid di Komplek Arco, sekaligus memberi terobosan baru sebagai salah satu alternatif sumber pemasukan bagi rumah tangga, yaitu dengan membuat Sabun Antiseptik Mikroalga yang ampuh membunuh kuman dan juga berkhasiat untuk kulit.

(Dokumentasi Pribadi) Bahan Utama Sabun Antiseptik Mikroalga

Tentunya pula, dengan sosialisasi mencuci tangan, pengadaan sarana wastafel luar rumah dan pengajaran door to door yang dilakukan, diharapkan warga Komplek Arco Depok dapat mandiri dalam menjaga kebersihan ditengah zona merah, serta menginvestasikan waktunya untuk produktif.

Oleh : Aeknatio Savier

Editor : Dr. Aju Putrijanti, S.H., M.Hum