Sabun Rumput Laut Jadi Solusi Menjaga Kebersihan di Masa Pandemi Covid 19

Duren Jaya, Bekasi (20/7), salah satu mahasiswa Tim II KKN Universitas Diponegoro 2020 membuat sebuah program “Pembuatan Sabun Berbahan Rumput Laut Euchema cottonii dalam Menjaga Kebersihan Diri Untuk Mencegah Penyebaran Virus Covid-19” di lingkungan RT 008 RW 011 Perumahan Duren Jaya, Kelurahan Duren Jaya, Kecamatan Bekasi Timur, Kota Bekasi. Program ini dilakukan oleh Mohammad Divy Miftah Ardi Fariz dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Universitas Diponegoro sebagai peserta KKN Undip yang diselenggarakan secara mandiri di wilayah tempat tinggal masing masing. KKN Mandiri ini dilaksanakan sejak tanggal 5 Juli hingga 15 Agustus 2020.

Pada masa pandemi seperti saat ini, menjaga kebersihan diri merupakan sebuah kewajiban bagi setiap orang. Salah satunya bagi warga RT 008 Perumahan Duren Jaya, menjaga kebersihan diri dan lingkungan harus didukung dengan kesadaran diri masing masing. Kesadaran warga RT 008 untuk menjaga kebersihan diri terbilang masih cukup rendah, dilihat dari aktivitas warga setempat masih banyak yang tidak menggunakan masker dan tidak mencuci tangan ketika akan masuk ke rumah masing masing. Beberapa dari mereka masih kurang peduli dengan kebersihan diri masing masing.

Rumput Laut Kappaphycus alvarezii
Ekstrak Rumput Laut Kappaphycus alvarezii

Program pembuatan sabun berbahan rumput laut dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan kepedulian warga RT 008 akan pentingnya menjaga kebersihan diri. Program ini berupa sosialisasi sabun rumput laut dan ajakan kepada warga untuk ikut membuat sendiri sabun berbahan rumput laut. Program ini melibatkan beberapa ibu rumah tangga. Kemudian sabun yang dihasilkan akan dibagikan kepada beberapa warga yang tidak dapat ikut membuat sabun rumput laut secara langsung. Diharapkan dengan program pembuatan sabun rumput laut ini dapat menjadi solusi bagi warga untuk sering mencuci tangan dan menjaga kebersihan diri untuk mencegah penyebaran virus Covid-19.

Sosialisasi sabun rumput laut kepada warga

Oleh : Mohammad Divy Miftah Ardi Fariz (FPIK)
Dosen Pembimbing : Dr. Aminah, S.H., M.Si