Efektivitas Media Sosial Sebagai Sarana Pemasaran Produk di Tengah Pandemic Covid-19

Trenggalek (19/07/2020) – KKN (Kuliah Kerja Nyata) yang diselenggarakan oleh Universitas Diponegoro kali ini berbeda dengan KKN sebelumnya. KKN dilakukan di tengah pandemic Covid-19 sehingga pelaksanaan KKN dilakukan di Desa masing-masing atau disebut dengan KKN Pulang Kampung, dengan tema “Pemberdayaan Masyarakat di Tengah Covid-19 Berbasis pada Tujuan Pembangunan SDG’s”.

Di tengah pandemic Covid-19 memberikan dampak terhadap perekonoian serta cara interaksi baru bagi masyarakat. Masyarakat dituntut untuk tetap di rumah saja atau dengan WFH (Work From Home) yang berakibat menurunnya sebagian pendapatan masyarakat. Dengan adanya anjuran di rumah saja, media sosial  menjadi salah satu obat kebosanan msyarakat khusunya remaja. Tidak hanya sebagai obat kebosanan dikala di rumah saja akan tetapi media sosial akan memberikan pendapatan apabila digunakan dengan tepat. Media sosial dapat menjadi celah pendapatan baru misalnya dengan jual beli online, yaitu jual beli tetap berjalan walaupun di rumah saja dengan memanfaatkan media sosial sebagai sarana memasarkan produk. Hal ini akan menambah pendapatan atau memberikan pendapatan baru bagi masyarakat khususnya remaja.

Dalam program Efektivitas Media Sosial Sebagai Sarana Memasarkan Produk di Tengah Pandemic Covid-19 diharapkan masyarakat khususnya remaja dapat memanfaatkan media sosial mereka dalam memasarkan atau menjual produknya. Program ini dilakukan dengan memberikan sosialisasi terhadap remaja yang sudah mempunyai usaha maupun yang belum memiliki usaha dan memberikan e-modul kepada remaja – remaja, yang berisi gambaran tentang media sosial, jenis – jenis media sosial, tips ampuh berjualan di media sosial, dan media sosial yang ampuh untuk berjualan online dengan harapan adanya peningkatan literasi tentang efektifnya media sosial yang memberikan peluang pendapatan akan menarik remaja-remaja melakukan jual beli secara online di tengah pandemic Covid-19 ini.