Protokol Kesehatan Bertransaksi: Cegah Covid-19 Menular Lewat Uang

Jatibarang, Brebes (19/07) – Mahasiswa KKN Undip membagikan poster guna mengedukasi warga desa Janegara di kecamatan Jatibarang terkait pentingnya protokol kesehatan dalam bertransaksi di era new normal.

Hampir setiap hari orang akan memegang uang dan menggunakannya sebagai alat transaksi. Namun sayangnya, uang dapat menjadi media penularan Covid-19 jika telah terpegang oleh orang yang terinfeksi dan tersebar dari satu tangan ke tangan lainnnya. Dalam hal ini diperlukan perhatian khusus dan kewaspadaan ekstra, baik dari pembeli maupun penjual yang melakukan transaksi.

Aktivitas jual-beli banyak ditemukan di berbagai daerah, termasuk di desa Janegara. Desa Janegara terletak antara jalan yang menghubungkan Jatibarang dengan Brebes. Di sepanjang jalan hingga masuk ke gang, banyak warga memiliki warung dan toko yang menyediakan berbagai macam barang, mulai dari sembako, pakaian, obat, dan makanan. Keadaan ini mendorong mahasiswa KKN Undip untuk melakukan edukasi terhadap warga tentang pentingnya memperhatikan protokol kesehatan dalam melakukan transaksi karena virus dan bakteri dapat tertular melalui uang dan barang dagangan.

Program edukasi ini menjadi salah satu dari kedua program yang diwajibkan dalam kegiatan KKN Tim II Undip dengan tema “Pemberdayaan Masyarakat di Tengah Pandemi Covid-19 berbasis pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs)”. Kegiatan KKN di tahun ajaran 2019/2020 dilakukan secara individu di kampung halaman masing-masing. Hal ini disebabkan karena pandemi Covid-19 yang mengharuskan mahasiswa untuk menerapkan physical distancing dan berbagai protokol kesehatan lainnya. Program ini juga dibuat dengan melihat relevansinya pada tema dan jurusan mahasiswa KKN.

Poster Protokol Kesehatan Bertransaksi

(Jessicha Sastradjaja – Departemen Akuntansi Fakultas Ekonomika dan Bisnis)

Dengan adanya program ini, diharapkan warga desa Janegara dapat lebih waspada dalam bertransaksi dengan melakukan hal sederhana guna membantu meminimalisir penyebaran Covid-19.

Ed. Ir. Bambang Sulistiyanto, M.Agr.Sc., Ph.D., I.P.U.

Pembagian Poster Protokol Kesehatan Bertransaksi pada Warga di Desa Janegara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *