Cegah Penularan Covid-19, Mahasiswa Undip Sediakan Fasilitas Kesehatan dan Bagikan Himbauan Penularan Covid 19 melalui Media Poster

Kemiri, Purworejo (20/7), Desa Sutoragan- Mahasiswa Undip saat ini sedang melakukan kegiatan KKN (Kuliah Kerja Nyata), berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, pelaksanaan KKN tahun ini dilakukan secara mandiri. Mahasiswa melakukan kegiatan KKN di kampong sendiri. KKN kali ini mengangkat tema yaitu “Pemberdayaan Masyarakat di Tengah Pandemi Covid-19 Berbasis pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan”.

Salah satu pelaksanaan kegiatan KKN mahasiswa Universitas Diponegoro (Undip) terdapat di Desa Sutoragan, Kecamatan Kemiri, Kabupaten Purworejo. Kegiatan KKN telah berjalan selama 2 minggu terhitung sejak tanggal 5 Juli 2020, observasi dan survey telah dilakukan dan ditemukan bahwa kesadaran masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan masih rendah. Selain itu belum adanya himbauan dan fasilitas kesehatan seperti penyediaan hand sanitizer dan sabun cuci tangan di kantor balaidesa dan di mushola/masjid.

Pemberian hand sanitizer dan sabun cuci tangan kepada pengurus masjid

Berangkat dari hasil observasi dan survey yang telah dilakukan, mahasiswa undip yang bernama Mukhib berinisiatif untuk membagikan hand sanitizer, sabun cuci tangan, dan menyebarkan himbauan dengan menggunakan media poster yang dibagikan di kantor balaidesa dan di mushola/masjid. Kantor balaidesa dan mushola/masjid dipilih karena tempat tersebut merupakan tempat berkumpul banyak orang sehingga perlu untuk menyediakan hand sanitizer dan sabun cuci tangan, serta masyarakat dapat melihat dan membaca poster mengenai pencegahan penularan virus Covid-19.

Poster dinilai efektif dalam memberikan sosialisasi dan informasi karena tidak perlu mendatangkan banyak orang (kerumunan). Poster ini ditujukan agar masyarakat mengetahui informasi mengenai pencegahan penularan virus covid-19 sehingga masyarakat lebih waspada dan lebih bijak dalam menyikapi pandemic virus covid-19.

Menempel himbauan pencegahan penularan covid-19 di kantor balaidesa

Pembagian hand sanitizer, sabun cuci tangan, dan poster ini mendapat respon yang baik dari perangkat desa, pengelola mushola/masjid, dan masyarakat. “penyediaan hand sanitizer, sabun cuci tangan, dan himbauan mengenai Covid-19 melalui poster ini bagus, sehingga masyarakat dapat mengetahui bagaimana pencegahan penularan Covid-19 dan lebih menjaga kebersihan” ujar salah satu pengurus masjid.

Selain penyediaan hand sanitizer, sabun cuci tangan, dan himbauan pencegahan Covid-19 melalui media poster. Mahasiswa Undip juga berencana untuk mengajarkan cuci tangan yang benar kepada anak-anak kecil di salah satu TPQ, sehingga anak-anak kecil bisa menjaga kebersihan sejak dini.

#Abdi Sukmono #KKN Jateng III F

Penulis: (Muhammad Mukhib Mubarok/ FISIP/Administrasi Publik)

Editor : Abdi Sukmono