Kesehatan Mental di Era New Normal

Kelurahan Setu, Kota Tangerang Selatan (19/07) – Di era pandemi COVID-19 ini, semua orang dipaksa beradaptasi dengan perubahan yang ada, termasuk perguruan tinggi. Universitas Diponegoro Semarang terpaksa mengubah sistematika Kuliah Kerja Nyata atau yang biasa disebut KKN. Mahasiswa dituntut untuk menjalankan KKN secara mandiri di daerah tempat tinggalnya masing-masing.

Seorang mahasiswi UNDIP yang tinggal di RT 24/RW 06, Kelurahan Setu, Kecamatan Setu, Kota Tangerang Selatan melakukan survei mengenai kesehatan mental di era pandemi COVID-19 ini. Survei yang dilakukan dengan kuesioner daring dan observasi lingkungan ini bertujuan untuk mengumpulkan data awal sebagai latar belakang masalah dalam pemberian program KKN kepada warga. Ketua RT setempat telah mengizinkan pengambilan data dan berharap program yang diterapkan selanjutnya dapat membawa dampak positif bagi warga.

Kuesioner daring yang disebarkan melalui grup WhatsApp menunjukkan 82,7% warga memiliki kesehatan mental yang cukup baik. Namun, di sisi lain 78,4% merasakan kecemasan tertular COVID-19. 42,9% warga merasa juga jenuh karena harus berada di rumah.

Hasil observasi lingkungan juga menunjukkan kepekaan pengurus daerah setempat akan protokol new normal. Misalnya, telah disediakannya wastafel dan sabun cuci tangan di pintu masuk perumahan, serta spanduk himbauan wajib menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah.

Penulis: Josephine Natalie (15000117130109, Psikologi)

Reviewer: Jazimatul Husna, SIP., M.IP. (Dosen Pendamping Lapangan KKN Tim II Juli 2020