Dukung Kebijakan New Normal, Mahasiswa Undip Lakukan Edukasi Pencegahan Corona

Tangkerang Selatan – Pekanbaru (18/07/20) – Sejak diumumkannya kasus pertama Covid 19 di Indonesia pada bulan maret lalu, pemerintah menganjurkan masyarakat untuk menerapkan social distancing dalam beraktifitas. Selain itu pemerintah juga sempat menerapkan kebijakan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) disebagian besar wilayah di Indonesia termasuk kota Pekanbaru. Dengan adanya kebijakan tersebut banyak sektor yang terdampak, salah satunya sektor perekonomian masyarakat bahkan negara pun menjadi korban. Banyak masyarakat yang harus work from home (WFH) serta sebagian besar tempat dan fasilitas umum ditutup untuk menghindari penularan virus Covid 19 semakin banyak. Seperti yang kita ketahui pada bulan juni lalu, pemerintah kembali mengeluarkan kebijakan baru yaitu mulai diterapkannya tatanan kehidupan baru atau new normal. New normal sendiri merupakan tatanan kehidapan baru masyarakat setelah adanya virus Covid 19 ini. Pada fase ini masyarakat sudah diperbolehkan beraktifitas seperti semula dan mulai dibukanya tempat-tempat dan fasilitas umum dengan tujuan untuk memulihkan kembali perekonomian masyarakat dan negara. Meskipun demikian, masyarakat masih harus tetap menerapkan protokol kesehatan dalam menjalankan aktifitasnya. Sejalan dengan hal tersebut, mahasiswa KKN TIM II Undip melakukan program KKN untuk mendukung kebijakan pemerintah tersebut dengan menjalankan program “Gerakan Cuci Tangan Cegah Covid” sebagai salah satu upaya mencegah penularan virus Covid 19 dimasa new normal ini.

Dalam program ini mahasiswa KKN TIM II Undip melakukan edukasi terkait cuci tangan yang benar melihat masih banyaknya masyarakat yang belum mengetahui cara mencuci tangan yang baik dan benar sesuai standar kesehatan malalui poster cuci tangan yang dipasang ditempat dan fasilitas umum yang telah menyediakan tempat cuci tangan.

Pemasangan poster edukasi cuci tangan ditempat cuci tangan

Selain itu Mahasiswa KKN TIM II Undip juga melakukan pembagian sabun cuci tangan gratis kepada masyarakat pedagang kaki lima di sekitar kantor kelurahan Tangkerang Selatan, Kecamatan Bukit Raya sebagai salah satu upaya meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya mencuci tangan dengan menggunakan sabun di masa pendemi ini.

Pembagian sabun cuci tangan gratis kepada masyarakat

Oleh    : Nita Sulisnawati (S1 Ekonomi Islam – FEB UNDIP 2017)

DPL  : Prof. Dr. Ir. Florentina Kusmiyati, M.Sc

Lokasi KKN : Kelurahan Tangkerang Selatan, Kecamatan Bukit Raya, Kota Pekanbaru.