PENGGUNAAN MASKER DI SAAT PENERAPAN NEW NORMAL, PENTING ATAU TIDAK ?

Bekasi (21/07/2020) – Universitas Diponegoro menerjunkan mahasiswanya untuk melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata ( KKN ) yang akan diselenggarakan mulai tanggal 5 Juli – 15 Agustus 2020. Kegiatan KKN yang dilaksanakan oleh Universitas Diponegoro saat ini memiliki sedikit arti yang berbeda dikarenakan KKN sekarang ini dilakukan di sekitar wilayah tempat tinggal mahasiswa. KKN kali ini mengangkat tema “Pemberdayaan Masyarakat di Tengah Pandemi Covid 19 Berbasis pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs)”. SDGs (Sustainable Development Goals) atau Pembangunan Berkelanjutan adalah pembangunan yang menjaga peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat secara berkesinambungan, pembangunan yang menjaga keberlanjutan kehidupan sosial masyarakat, pembangunan yang menjaga kualitas lingkungan hidup serta pembangunan yang menjamin keadilan dan terlaksananya tata kelola yang mampu menjaga peningkatan kulitas hidup dari satu generasi ke generasi berikutnya.

Ditengah mawabahnya Covid 19 sekarang ini, masih banyak masyarakat yang kurang memahami mengenai Covid 19, cara penyebarannya terutama bagaimana cara pencegahannya. Di daerah Kecamatan Bekasi Timur sendiri, kasus Covid 19 masih terbilang banyak yaitu 26 orang ODP dan 4 orang dinyatakan positif sehingga total kasus Covid 19 per 21 juli 2020 di Kecamatan Bekasi Timur sebanyak 62 orang dinyatakan positif. Untuk Kelurahan Margahayu, data per 13 Juli menyatakan bahwa terdapat 1 kasus di daerah RT 002 RW 025, dengan begitu Kelurahan Margahayu Kecamatan Bekasi Timur masih termasuk zona merah penyebaran Covid 19 di Kota Bekasi. Oleh karena itu, sebagai bentuk pencegahan terhadap penyebaran Covid 19 di Kelurahan Margahayu khususnya di wilayah RW 13, Puspa, mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro menginisiasi program kegiatan “Sosialisasi Penggunaan Masker : Tingkatkan Kesadaran, Wujudkan Kedisiplinan untuk Tercapainya Kelurahan Margahayu Bebas Covid 19”. Selain sosialisasi dan penyuluhan mengenai penggunaan masker, mahasiswa KKN juga memberikan beberapa masker ke setiap rumah yang dikunjungi untuk mendukung program KKN agar tujuan nya dapat tercapai dengan baik. Program ini dilakukan dengan sistem door to door yaitu mendatangai beberapa rumah secara acak di setiap RT yang terdapat di wilayah RW 13 yaitu sebanyak 9 RT, sebanyak 5-10 rumah yang dikunjungi di setiap RT nya.

Puspa menuturkan, “tujuan dari diadakannya program ini adalah sebagai bentuk edukasi dan ajakan kepada masyarakat Kelurahan Margahayu khususnya wilayah RW 13 dalam memahami dan mencermati peristiwa pandemi Covid 19 yang sedang terjadi saat ini”. Selain itu, tujuan lain dari diadakannya program ini adalah untuk membantu masyarakat dalam beradaptasi dengan adanya Kenormalan Baru (New Normal) yang saat ini sedang diterapkan oleh Pemerintah.

Sosialisasi dan Pemberian Masker kepada Masyarakat RW 013 Kelurahan Margahayu

Oleh : Puspa Lestari

Editor : Yuni Dwi Hastuti