TIM 2 KKN UNDIP: HIJRAH DARI PANDEMI KE NEW NORMAL

Pengecekan suhu badan bagi jamaah

Graha Estetika (21/7) Mahasiswa Tim 2 KKN Undip Tahun 2020 dari Perumahan Graha Estetika Kelurahan Pedalangan Kecamatan Banyumanik Kota Semarang pada hari Jumat (17/7) memulai program kerja kuliah kerja nyata yang dalam era new normal ini yang mengusung program transisi masa pandemik ke era new normal. Dengan mengusung tema “Pemberdayaan Masyarakat di Tengah Pandemi COVID-19 Berbasis Pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG’s) mahasiswa Tim 2 KKN Undip melakukan pengabdian pada kampung atau lokasi mereka masing-masing saat ini. Pada kesempatan ini mahasiswa KKN melakukan pengabdian dengan membantu dalam masa transisi selama pandemik ini pada lokasi Masjid Affa Ulya Estetika yang terletak didalam Perumahan Graha Estetika. Pelaksanaan program kerja kuliah kerja nyata yang dilakukan pada 15 Juli 2020 ini membantu jamaah untuk menjalankan protokol kesehatan dalam melaksanakan proses ibadah sholat. Dalam program kerja ini yang bertanggungjawab dalam melaksanakan berlangsungnya program ini adalah mahasiswa kuliah kerja nyata Universitas Diponegoro yang melakukan pengabdian bertempat tinggal di Perumahan Graha Estetika. Program kerja ini dilaksanakan secara individu dengan kerjasama oleh beberapa warga.

Edukasi,Sosialisasi, dan diskusi dedngan jamaah

Program ini menitikberatkan pada pembiasaan pelaksanaan protokol kesehatan yang ada pada kawasan Masjid Affa Ulya Estetika. Masjid yang berlokasi di Perumahan Graha Estetika ini seringkali dipadati oleh jamaah yang tidak hanya bertempat tinggal di perumahan, namun juga penduduk sekitar perumahan yang ingin melaksanakan prosesi ibadah. Terutama dengan semakin dekatnya perayaan Idul Adha yang jatuh pada akhir bulan Juli ini, perlu adanya penyesuaian dalam pelaksanaan prosesi peribadahan di Masjid Affa Ulya Estetika ini. Dalam langkah pencegahan penyebaran virus COVID-19 ini sebelumnya pihak Masjid Affa Ulya Estetika telah meniadakan prosesi Sholat Jumat berjamaah selama beberapa minggu. Dengan adanya ketentuan baru dari pemerintah terkait new normal pihak masjid berupaya untuk tetap menjaga keamanan serta kesehatan para jamaahnya dari penyebaran virus COVID-19 ini.

Terlaksananya program ini pada hari Jumat 17 Juli 2020 dilakukan dengan tetap menjaga physical distancing serta berupa sosialisasi dan edukasi kepada beberapa jamaah masjid yang melaksanakan aktivitas ibadah pada saat itu. Jamaah diwajibkan untuk mencuci tangan serta memastikan bahwa jamaah dalam kondisi badan yang sehat dengan menggunakan thermogun untuk memeriksa suhu badan dari jamaah yang datang ke kawasan masjid ini. Jamaah yang datang diberikan penjelasan serta edukasi terkait pentingnya menjaga kesehatan serta mematuhi protokol kesehatan yang ada dengan membawa perlengkapan ibadah seperti sajadah sendiri serta mengenakkan masker saat masuk ke area masjid. Penjelasan disini dilakukan secara edukatif dan jamaah pun terbuka dalam mengikuti penjelasan yang dilakukan. Penekanan terhadap pentingnya menjaga kebersihan diri serta kesehatan diberikan agar penularan virus COVID-19 yang mematikan bisa dihindari dan dihentikan. Diharapkan dengan berlangsungnya program ini masyarakat Perumahan Graha Estetika maupun jamaah Masjid Affa Ulya Estetika pada umumnya akan mampu untuk membiasakan diri dalam masa transisi selama periode pandemi ini ke era new normal.

Oleh: Muhammad Ilham Utama (12030117130138)

Departemen Akuntansi, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Diponegoro