Mahasiswa Universitas Diponegoro Ajak Warga Membuat Handsfree Sanitizer Sederhana

Jakarta (22 Juli 2020) – Mahasiswa Univeristas Diponegoro mengajak warga RT. 17 RW.06 Kelurahan Cilandak Barat, Kecamatan Cilandak, Jakarta Selatan untuk membuat handsfree sanitizer dispenser sederhana dan mudah. Pelaksanaan dilakukan pada hari Selasa, 21 Juli 2020, dengan mendatangi rumah-rumah beberapa warga di RT.17 dan memperagakan langsung cara pembuatannya.

Pelaksanaan program ini didasarkan pada isu penyebaran Covid-19 bahwa penggunaan hand sanitizer bersama dapat beresiko menjadi perantara penyebaran virus corona karena sentuhan tangan pada botolnya. Tangan sebagai salah satu organ tubuh yang sering kali berinteraksi, menyentuh dan menjadi media penyebaran kuman, virus serta bakteri yang berbahaya. Banyak masyarakat yang tidak menyadari itu atau enggan untuk mengatasinya. Terutama di tempat umum, seperti tempat makan dan warung kelontong. Beberapa warung sudah menyediakan handsanitizer, namun tidak menjaga sisi higienisnya.

“Warung saya sudah menyediakaan handsanitizer untuk para pembeli, diletakkan di meja depan, tanpa alat apapun. Saya tidak tahu cara membuat alat handsfree sanitizer dan kalau membeli harganya lumayan sedangkan kebutuhan sendiri juga sedang banyak. Jadi hanya menyediakan handsanitizer untuk pembeli.” Ungkap Mama Cintya, salah satu pemilik warung jajan di RT.17.

Selain di warung banyak warga yang juga menggunakan hand sanitizer bersama dirumah tanpa mengindahkan resiko penyebaran Covid-19 melalui media botol hand sanitizer. Padahal hal sepele seperti ini malah dapat menimbulkan dampak yang besar dikemudian hari.Warga yang terpapar Covid-19 dapat menularkan ke warga lain melalui sentuhan di botol hand sanitizer. Salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan membuat handsfree sanitizer dispenser sederhana. Sudah banyak yang menjual produk tersebut, namun dengan harga yang tidak murah, sehingga tidak dapat terjangkau oleh semua kalangan. Dengan adanya permasalahan tersebut, maka dilakukan pelatihan ini untuk warga dapat membuat handsfree sanitizer sederhana yang bisa dibuat dari bahan yang ada dirumah, sehingga tidak menghabiskan banyak biaya, dan dapat dijadikan kegiatan pengisi waktu luang di rumah bersama keluarga.

Pelaksanaan program dilakukan oleh Dwi Ayu Lestari, Mahasiswa Jurusan Fisika, Fakultas Sains dan Matematika, Universitas Diponegoro dalam rangka pelaksanaan program KKN Tim II Undip tahun 2020. Karena adanya himbauan untuk tidak melaksanakan kegiatan yang mengundang banyak orang, maka pelatihan dilakukan dengan mendatangi rumah warga secara langsung yang sedang tidak ada pekerjaan untuk menunjukkan cara pembuatannya secara langsung dan membuatnya bersama warga.

Banyak warga yang antusias pada program ini. Mahasiswa mencontohkannya menggunakan pipa pvc yang kemudian dirangkai untuk membuat handsfree sanitizer dispenser yang pengoperasiannya dengan menggunakan kaki (foot operated). Pelaksanaan dilakukan di rumah warga dengan menjelaskan cara kerja dari alat handsfree sanitizer dispenser tersebut. Warga memperhatikan cara pembuatannya serta bertanya mengenai bahan-bahan lain yang bisa digunakan untuk membuatnya. Warga pada awalnya merasa alat tersebut sulit untuk dibuat dan hanya orang tertentu saja yang bisa. Hal tersebut terjadi karena kurangnya pengetahuan warga. Padahal, alat handsfree sanitizer ini dapat dibuat dengan sederhana, dengan bahan yang mudah dan murah tapi tidak menghilangkan fungsinya sebagai alat bantu. Warga bisa menggunakan alat lainnya, seperti kayu yang tidak terpakai.

Editor: Yanuar Yoga Prasetyawan, M.Hum

Proses Kegiatan Pelatihan ke Warga dengan Menunjukkan Cara Pembuatannya

Setelah kegiatan pencontohan pembuatan, warga mengaku teredukasi mengenai cara pembuatan alat handsfree sanitizer dan mengerti prinsip dasar kerja alatnya.

“Saya kira alat tersebut susah untuk dibuat, ternyata kalau tahu prinsipnya, membuatnya tidak terlalu sulit, dan bisa pakai alat-alat di rumah.” Ungkap Mas Sahli, salah satu warga RT.17

Pemberian Handsfree Sanitizer ke Warung di sekitar RT 17

Selain memberikan pelatihan cara membuat handsfree sanitizer dispenser sederhana, mahasiswa juga memberikan alat handsfree sanitizer dispenser sederhana buattannya kepada warung di sekitar RT.17. Diharapkan dengan adanya pelatihan ini warga menjadi lebih sadar akan pentingnya menjaga kesehatan dan menjalankan protocol kesehatan guna mengurangi penyebaran Covid-19.

Penulis : Dwi Ayu Lestari. Fisika, Fakultas Sains dan Matematika

Editor : Yanuar Yoga Prasetyawan, S.Hum., M.Hum.