GATHERING PKK BERSAMA KKN UNDIP DESA WIDODAREN

DSCN0866 Rabu 25 Januari 2017. Tim I KKN UNDIP Desa Widodaren melakukan kegiatan gathering ibu-ibu PKK mengenai Perawatan Arsip Rumah Tangga, Sosialisasi Rumah Sehat, dan Penyegaran materi Pemberantasan Sarang Nyamuk. Gathering dilakukan di balai PKK Desa Widodaren pada pukul 8 pagi. Ibu Ririn selaku Ibu Lurah membuka kegiatan gathering ibu-ibu PKK, dilanjutkan dengan penyampaian materi Perawatan Arsip Rumah Tangga.

Bayu sebagai pembicara menyampaikan tips dan trik untuk merawat arsip rumah tangga meliputi ijazah sekolah, sertifikat tanah, dan sebagainya. Perawatan arsip rumah tangga diawali dengan pengelompokan antara arsip yang masih bagus dan yang sudah rusak. Arsip yang berupa lembaran dilaminating, sedangkan arsip berupa buku dibersihkan. Penyusunan arsip diurutkan sesuai abjad, serta tempat penyimpanan diberi kapur barus agar hama tidak masuk.

DSCN0870Materi rumah sehat disampaikan oleh Hastya dengan menayangka video  mengenai pengertian serta tips rumah sehat. Hal yang paling krusial namun banyak yang belum menerapkan di rumah peserta yaitu penting nya ventilasi yang cukup pada rumah. Ventilasi yang cukup dapat menghindarkan anggota rumah dari penyakit ISPA (infeksi saluran pernafasan akut). Pada akhir penyampaian materi salah satu peserta mengenai peran ventilasi di dapur. “Ventilasi yang sangat penting sebagai sirkulasi udara ruang pada bagian dapur karena asap yang dihasilkan saat memasak akan menyebabkan penyakit pernafasan apabila terlalu banyak terhirup”, jawab Hastya.

DSCN0827Materi terakhir disampaikan oleh Mia, mengenai Pemberantasan Sarang Nyamuk. Penyampaian materi diawali dengan penyebab adanya penyakit DBD (Demam Berdarah Dengue)  dilanjutkan dengan pelatihan pembuatan pemberantasan sarang nyamuk secara mandiri dengan membuat alat Ovitrap. Ovitrap merupakan perangkap nyamuk sederhana yang dibuat dari botol air mineral bekas yang diberi air gula merah dan ragi kemudian dibungkus dengan plastik hitam. Peserta gathering sangat antusias mengikuti pelatihan pembuatan ovitrap. “Pembuatan ovitrap sangat bermanfaat, karena cukup menggunakan barang bekas bisa mengurangi potensi terjadinya penyakit DBD dengan memutus siklus hidup nyamuk”, ujar Bu Kusmiyati.