Hasil laut ini bukan cuma enak dimakan, rumput laut juga bisa dijadikan sabun lho! Bagaimana sih cara buatnya?

Tangerang Selatan(18/07/2020) – Sering lihat dan makan rumput laut yang ada di es campur/es buah kan? Nah rumput laut tersebut bisa dijadikan bahan utama pembuatan sabun organik loh. Adalah Wanda Laras, mahasiswi Ilmu Kelautan (Tim II KKN UNDIP TANGSEL, Kel.Jurangmangu Barat, Kec.Pd.Aren) yang mampu mengolah rumput laut menjadi sabun batang dan bermanfaat untuk cuci tangan ataupun mandi.

Hasil sabun dari rumput laut (Dok. Pribadi)

Banyaknya rumput laut dipasaran memunculkan adanya inovasi ini, terlebih lagi sekarang sedang ada wabah pandemi covid-19 yang mewajibkan kita untuk selalu bersih dan cuci tangan setiap selesai berkegiatan. Sabun dari rumput laut memiliki keunggulan dibandingkan dengan sabun pada umumnya yaitu lebih lembut dan pastinya semua bahan adalah bahan alami tidak menggunakan bahan kimia, sehingga cocok bagi yang memiliki kulit sensitif. Tidak hanya untuk cuci tangan dan mandi saja, bisa juga untuk cuci muka dan khasiatnya pun mampu menghilangkan komedo hingga jerawat.

Cara membuatnya pun terbilang cukup mudah hanya dengan mencampurkan rumput laut yang sudah menjadi gel dengan bahan lainnya yaitu NaOH dan beberapa jenis minyak. Semua alat dan bahan mudah didapatkan dan pasti ada dirumah, maka dari itu diharapkan setiap warga memiliki keinginan untuk membuat sabun sendiri sehingga lebih terjangkau dan dapat mengisi waktu bermanfaat dirumah. Namun, setelah sabun dibuat tidak dapat langsung digunakan, tunggu 2-4 minggu proses saponifikasi sempurna dan sabun pun dapat digunakan. Apabila ingin berkreasi dengan sabun ini dapat ditambahkan beberapa parfum atau oil supaya wanginya dapat disesuaikan dengan keinginan kita.

Ditulis oleh: Wanda Laras Farahdita_26040117140117_FPIK/Ilmu Kelautan
Reviewer: Jazimatul Husna,SIP.,M.IP (Dosen pendamping lapangan KKN Tim II, Juli 2020)