Terdesak Pandemi, Mahasiswa KKN Undip Edukasi Warga Tentang Upaya Meningkatkan Penghasilan Versi Syariah

Diskusi dengan Ketua RT mengenai materi edukasi untuk warga

Kabupaten Serang (20/07/2020)- Pandemi Covid-19 memiliki dampak terhadap perekonomian. Untuk meminimalisir penyebaran, maka dilakukanlah suatu kebijakan dengan cara membatasi mobilitas dan mempeketat peraturan sesuai protokol yang berlaku. Akibatnya, pendapatan perusahaan menurun. Agar perusahaan tetap bisa bertahan, banyak pekerja yang di-PHK, ditunda pembayaran gajinya, dan lainnya. Hal ini, turut dirasakan oleh sebagian warga di Desa Harjatani RT/RW 05/07.

Totong, selaku ketua RT, menyatakan “Di daerah tempat tinggal kita ini ada juga beberapa keluarga yang kena dampak dari pandemi. Dari pemerintah juga sebenarnya ada dana yang disalurkan sampai ke tingkat RT, tapi dibatasi hanya 2 keluarga yang bisa dapat bantuan. Sekarang itu banyak yang lagi susah, pekerja saja di-PHK apalagi mau cari kerja kan? Udah pasti susah soalnya lapangan kerjanya tidak ada” jelas Totong. Dengan pemaparan mengenai kondisi yang dialami warga, tercetuslah ide untuk mengedukasi warga mengenai upaya meningkatkan penghasilan pada masa pandemi ini.

Di lingkungan RT 5 ternyata hanya satu orang yang berjualan secara online. Hal ini dapat diketahui karena hanya ada satu warga yang melakukan  promosi dan menurut kesaksian beberapa warga yang aktif berkumpul dan berinteraksi satu sama lain.  Padahal, berjualan secara online dapat menjadi alternatif atau salah satu upaya untuk meningkatkan penghasilan. Tidak bisa dipungkiri juga, banyaknya waktu luang yang dihabiskan di rumah dan tersedianya sambungan internet dapat dimanfaatkan untuk kegiatan tersebut. Seorang warga bernama Dewi menyatakan, “Iya saya sebenernya udah lama tertarik mau jualan online, tapi saya masih bingung mau jualan apa sama belum ada modal juga” ujarnya. Alasan tersebut menginspirasi mahasiswa UNDIP untuk memberikan edukasi kepada warga setempat mengenai peluang mendapatkan penghasilan tambahan melalui berjualan secara online dan membahas beberapa mekanismenya. Lebih dari itu, edukasi yang dilakukan juga memaparkan kegiatan tersebut sesuai prinsip syariah.

Edukasi salah satu warga di daerah setempat

Harapannya, program edukasi ini dapat memberikan inspirasi bagi warga yang butuh penghasilan tambahan. Berjualan online patut dipertimbangkan karena memiliki beberapa kelebihan tersendiri seperti modal yang dibutuhkan relatif kecil, bisa dilakukan di mana saja, dan lainnya. Selain itu, bagi warga yang kedepannya berjualan secara online diharapkan dapat mentaati prinsip syariah dalam implementasinya.

Penulis : Ramadhanty Firdha Firmansyah/12020217140003/FEB/Mahasiswa KKN Undip Tim 2 Tahun 2020 Kab.Serang

Editor: Dr. Ana Silviana S. H., M.Hum.