WASPADA COVID-19, KKN DI RUMAH JADI PILIHAN

koordinasi dan perizinan kepada ketua RT 04

Kab.Semarang (11/07/2020) – KKN Tim II Undip 2019/2020 kali ini berbeda karena dilaksanakan ditengah pandemic covid-19. Mahasiswa dituntut melaksanakan KKN secara mandiri di daerah tempat tinggal masing-masing. KKN yang dimulai dari tanggal 5 Juli hingga 15 Agustus 2020 tersebut menyasar masyarakat di RT 04/ RW 08, Kecamatan Ungatan Timur. Tentu terdapat beberapa perubahan dari KKN sebelumnya, seperti tidak dapat mengumpulkan masa dengan jumlah yang banyak, keterbatasan dalam bersosialisasi dan berinteraksi langsung dengan masyarakat. KKN periode ini memuat program pencegahan covid-19 dan pembangunan berkelanjutan.

Kurangnya media edukasi mengenai pencegahan covid-19 membuat masyarakat kurang perduli terhadap pencegahan covid-19 khusunya pada anak-anak yang masih bermain di luar rumah tanpa menggunakan masker dan menjalankan protocol kesehatan. Selain itu juga perlunya kesiapan masyarakat untuk menghadapi normal baru dan menjalankan hidup sehat dan sejahtera. Melakukan diskusi dengan Ketua RT 04/ RW 08, Kecamatan Ungaran Timur mengenai program yang akan dilaksankan. Pengajuan rencana kegiatan edukasi pencegahan covid-19 pun mendapat sambutan positif dari Bapak Joko Sarbianto selaku ketua RT 04.

Program yang telah disiapkan seperti pengadaan tempat cuci tangan di setiap rumah warga, dan pembagian masker kain yang dibuat oleh UMKM penjahit setempat, hingga mengenai poster/pamphlet yang nantinya akan ditempel di setiap rumah dan tempat-tempat umum sehingga diharapkan warga menjadi lebih perduli akan pentingnya pencegahan covid 19 dan menjalankan gaya hidup sehat dan sejahtera.

oleh : Irsyad Majid/14010117120004/Ilmu Pemerintahan