#22-B-D3 Covid-19 Memusingkan Orang Tua, Mahasiswa UNDIP Mengambil Tindakan#

DEMAK (9/7/2020) – Program “Edukasi Covid-19 danParenting di Masa Pandemi” dilakukan pada Kamis, 9 Juli 2020 di salah satu rumah warga dengan target audience para orang tua dan kakak. Sebelum melakukan sosialisasi, kegiatan awal yang dilakukan adalah mempersiapkan proposal rencana program kemudian didiskusikan dengan ketua RT dan kepala desa. Program ini dilakukan dengan melakukan sosialisasi disalah satu rumah warga dengan hanya mengundang 5 orang untuk mengurangi pengumpulan massa, sosialisasipun dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan, diantaranya memakai masker dan menjaga jarak satu sama lain. Pemilihan program edukasi covid-19 dan parenting di masa pandemi karena merupakan hal yang penting, dimana para orangtua dan kakak harus beradaptasi dengan kondisi sekarang ini, yang sebelumnya anak-anak bersekolah sekarang diliburkan, yang dahulu dapat main di luar rumah sekarang harus diam di rumah saja.

            Covid-19 menyebabkan perubahan rutinitas yang dapat menyebabkan perasaan sedih, cemas, bahkan hingga stress. Anak-anak merupakan kelompok yang rentan terdampak pandemic, tidak hanya mudah tertular virus karena system imunnya yang masih rendah namun covid-19 juga dapat berdampak kepada psikologis anak. Adanya kebijakan stay at home yang menyebabkan kita harus bekerja dari rumah, beribadah di rumah dan belajar di rumah. Hal ini banyak sedikit berdampak pada masyarakat, terutama bagi orang tua dan anak. Orang tua yang biasanya tidak mengurus anaknya secara penuh karena hampir setengah hari anak bersekolah sekarang harus mengurus anaknya secara penuh, mereka harus pandai dalam membagi waktu untuk mengerjakan pekerjaan rumah, bekerja dan mengurus anak. Kebijakan stay at home akan berdampak pada tutupnya sekolah dimana anak harus belajar dari rumah dan tidak bias bermain di luar ruangan, hal ini dapat membuat anak merasa kesepian dan bosan. Karena hal-hal tersebut, maka diangkatlah program kerja “Edukasi Covid-19 dan Parenting di Masa Pandemi” dengan harapan agar para orang tua dan kakak dapat beradaptasi dalam menjaga dan mengurus anak-anak.

            Kegiatan diawali dengan menceritakan tentang perkembangan covid-19 di Indonesia dan di dunia serta tanda-tanda, cara pencegahan dan cara penanggulangan. Setelah itu dilanjutkan dengan dampak covid-19 kepada orang tua dan anak lalu dilanjutkan dengan tips-tips parenting di masa pandemic dan tanya jawab. Media sosialisasi yang digunakan yaitu Microsoft Powerpoint dan video dengan pemilihan kata yang digunakan merupakan kata-kata yang mudah dipahami dan tidak banyak menggunakan kata-kata ilmiah agar para audience lebih paham dengan materi yang disampaikan. Para audience menunjukkan reaksi senang dan antusias, beberapa dari mereka juga bertanya mengenai covid-19 dan parenting. Beberapa audience mengaku kesusahan dan kurang paham tentang bagaimana menempatkan diri dan bertindak dalam mengasuh anak dimasa pandemic seperti sekarang ini, apalagi dengan adanya sekolah online, dimana para orang tua harus memberikan perhatian lebih, menemani anak ketika belajar dan menjelaskan jika anak kurang paham dengan materi yang didapat. Dengan adanya edukasi ini, telah dijelaskan tentang covid-19 dan parenting dimasa pandemi, serta telah dijawab pertanyaan-pertanyaan yang terbesit dibenak para orang tua dan kakak. Setelah edukasi selesai, dilakukan review kembali oleh saya sebagai pemapar materi dan para audience untuk mengecek kepahaman mereka terkait materi yang diusung. Dari hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa para audience telah paham dengan materi yang diusung.

Berikut adalah lampiran foto dari kegiatan dengan judul “Edukasi Covid-19 dan Parenting di Masa Pandemi” yang telah dilaksanakan:

Media Power Point yang digunakan
Pelaksanaan Sosialisasi

Penulis : Clara Sintadewi / Farmasi FK UNDIP

DPL     : Besar Tirto, S.Sos., M.Kes.