Permudah Warga Temukan Lokasi Fasilitas Pelayanan Kesehatan, Mahasiswa KKN UNDIP Manfaatkan Google My Maps

CILACAP (23/07/20). Pelaksanaan KKN Tim II 2020 Universitas Diponegoro berbeda dari pelaksanaan KKN tahun-tahun sebelumnya. Tema yang diangkat adalah “Pemberdayaan masyarakat di tengah pandemi COVID-19 berdasarkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs)”. Dengan adanya Pandemi Covid-19 yang mengharuskan Physical/Social Distance berdampak pada model pelaksanaan KKN. KKN saat ini dilakukan secara individu dan dilakukan di lokasi yang ditentukan sendiri mahasiswa berdasarkan lokasi kampung halaman. Pelaksanaan KKN dimulai dari tanggan 5 Juli 2020 sampai dengan 15 Agustus 2020.

Salah satu mahasiswa KKN UNDIP telah melaksanakan sosialisasi pemetaan fasilitas pelayanan kesehatan. Tujuannya adalah untuk mempermudah warga pada masa pandemi COVID-19. Program kerja ini dimulai sejak Minggu ke-3 pelaksanaan KKN. Sasaran program ini adalah warga Desa Adipala Kecamatan Adipala khususnya warga RT 06 RW 06.

Peta berfungsi mempermudah warga untuk mengetahui suatu informasi secara sistematis. Pada masa Covid-19 ini fasilitas pelayanan kesehatan berperan penting untuk mencegah menyebarnya virus tersebut. Pada peta ini terdapat puskesmas, klinik medis, praktek dokter gigi dan apotek. Pembuatan peta dilakukan dengan memanfaatkan teknologi yaitu aplikasi Google My Maps. Aplikasi ini membutuhkan peta dasar dari Google Maps serta lokasi fasilitas pelayanan kesehatan. Kemudian peta tersebut dibagikan melalui link dan dapat juga dicetak.

Pemetaan Fasilitas Pelayanan Kesehatan
di Google My Maps

Penulis melakukan sosialisasi melalui media online dengan membagikan link di beberapa media sosial seperti Facebook dan WhatsApp. Alasan menggunakan FB dan WA karena kedua aplikasi tersebut yang paling banyak digunakan warga. Selain itu, juga dibagikan melalui blogger, twitter dan line. Sosialisasi ini mendapat respon yang baik. “Oh ini semua fasilitas kesehatan jadi satu di peta ya” Balas Fitri di WhatsApp.

Sosialisasi Melalui Media Online

Untuk menjangkau semua kalangan, penulis melakukan sosialisasi lisan. Sosialisasi ini menggunakan hasil cetak dari peta yaitu dengan cara ditempelkan di beberapa tempat dan mendatangi warga setempat. Selain menjelaskan mengenai peta tersebut juga diselingi dengan anjuran menjaga jarak, memakai masker dan sering cuci tangan. “Saya baru tau kalau ada apotek di sebelah sini” Kata Ani salah satu warga. “Saya dulu pernah kesulitan mencari vitamin, apotek pada kosong” Lanjutnya.

Sosialisasi Lisan Kepada Warga

Diharapkan dengan adanya Pemetaan Fasilitas Pelayanan Kesehatan warga dapat mengetahui seluruh lokasi fasilitas pelayanan kesehatan sehingga jika membutuhkan suatu pelayanan dan kesehatan dan tidak tersedia maka dapat menuju ke lokasi yang lain dengan mudah. Hal tersebut akan mempercepat mendapatkan pelayanan atau kebutuhan kesehatan terutama saat pandemi COVID-19 ini.

Untuk melihat Pemetaan Fasilitas Pelayanan Kesehatan Desa Adipala dapat mengunakan link berikut https://www.google.com/maps/d/edit?mid=1MkFx7mRIAN26SKupWF97jfGawsR5JGpd&usp=sharing

Penulis : Feri Maningsih (Fisika 2017)

Editor : Zaki Ainul Fadli, S.S., M.Hum.