Cegah COVID-19, Mahasiswa Undip Membuat Handsanitizer Otomatis Berbasis Sensor Halangan guna Mendukung New Normal

Kota Bekasi (24/07) Pandemi COVID-19 tidak kunjung usai, kian hari kasusnya semakin meningkat dengan bukti penunjang total kasus positif COVID-19 di Kota Bekasi mencapai 515 kasus dan untuk kecamatan Bekasi Barat mencapai 50 kasus per 24 Juli 2020 (sumber: https://corona.bekasikota.go.id/). Sampai saat ini belum di temukan vaksin untuk memerangi virus corona. Satu-satunya hal yang bisa dilakukan oleh masyarakat yaitu menghindari penyebaran virus corona yaitu dengan mematuhi pola hidup new normal dengan menerapan protokol kesehatan yang sudah ditetapkan. Salah satu protokol kesehatan tersebut adalah menjaga kebersihan tangan.

Seperti yang sudah diketahui, kebersihan tangan merupakan hal yang penting dalam mencegah perpindahan bakteri dan virus. Tidak terkecuali virus corona. Seperti yang sudah disampaikan oleh WHO kontak fisik yang paling sederhana, atau sekadar berjabat tangan, berpotensi menyebarluaskan dari individu ke individu lainnya. Oleh karena itu, kebersihan tangan harus benar-benar dijaga. Menjaga kebersihan tangan dapat dilakukan dengan mencuci tangan menggunakan sabun atau handsanitizer. Umumnya, handsanitizer yang ada saat ini masih harus di tekan secara manual sehingga orang-orang masih harus menyentuhnya. Maka dari itu, Mahasiswa KKN Undip berinisiatif untuk membuat handsanitizer otomatis berbasis Sensor Halangan untuk menerapkan sistem touchless untuk mendukung New Normal dan mencegah penularan COVID-19.

Prototype Handsanitizer Otomatis berbasis Sensor Halangan

Pembuatan handsanitizer otomatis ini dilakukan oleh Muthia Nur Fajrina, mahasiswa KKN Tim II Undip periode 2020 bimbingan Ir. Kustopo Budiraharjo, M. P. yang saat ini sedang melaksanakan KKN di RW 021, Kelurahan Kota Baru, Bekasi Barat. Untuk mengenalkan alat ini kepada warga, diadakan pengenalan alat kepada warga sekitar sehingga warga bisa mencoba dan mengetahui bagaimana handsanitizer otomatis ini bekerja. Handsanitizer otomatis ini nantinya akan di pasang di masjid Al-Mujadid yang ada disamping kantor RW 021, Kelurahan Kota Baru, Bekasi Barat.

Mengenalkan Prototype Handsanitizer Otomatis pada Warga

Oleh : Muthia Nur Fajrina

Dosen KKN : Ir. Kustopo Budiraharjo, MP