Reportase Minggu ke-3 Desa Tunjungsari, Kec. Siwalan

Sosialisasi K3 oleh Mahasiswa KKN UNDIP

Tunjungsari Kamis, 26 Januari 2017.  Satria Mahardika Mahasiswa Tim KKN Desa Tunjungsari melakukan kegiatan Sosialisasi K3 Bahan Kimia Sehari-hari di acara PKK desa. Dalam program tersebut sasarannya adalah ibu-ibu PKK yang setiap harinya bertemu dengan bahan bahan kimia. Bahan bahan kimia yang dimaksud adalah LPG dan bahan pengawet makanan. Materi yang diberikan adalah penjelasan tentang bahaya LPG, cara mengatasi kebocoran LPG, dan bahaya zat pengawet. Setelah pemaparan materi selesai di lakukan pemutaran video dan praktek cara memasangkan LPG. Diakhiri dengan sesi kuis dan tanya jawab.

satriaMahasiswa Undip melakukan program Sosialisasi K3 Bahan Kimia Sehari-hari

Jumat sehat berkeringat bersama siswa siswi SD N Tunjungsari

Tunjungsari Jumat, 27 Januari 2017. Mahasiswa KKN desa Tunjungsari melakukan program Jumat sehat berkeringat. Kegiatan diawali dengan pembacaan doa dengan dilanjutkan senam pagi dan kegiatan bersih bersih dengan cakupan sekolah dan lingkungannya. Kegiatan juga diisi sosialisasi pemisahan sampah organik dan anorganik, Pemutaran Film Perang Diponegoro, dan Sosialisasi pangan ASUH dengan aksi gizi “Superhero minum susu”

Tunjungsari Jumat, 27 Januari 2017. Satria Mahardika salah satu TIM KKN Desa Tunjungsari melakukan program Pembuatan Pupuk Kompos sebagai Pemanfaatan Sampah Organik. Kepada siswa SD N Tunjungsari. Kegiatan diawali sosialisasi pemisahan sampah organik dan anorganik lalu dilanjutkan dengan bersih-bersih sekolah dan diakhiri pembuatan pupuk kompos dari sampah organik (daun-daun kering, tumbuhan, buah-buahan) dicampur dengan bakteri EM4.

satria 2 Mahasiswa Undip melakukan sosialisasi pemisahan sampah organik dan anorganik

satria 3Mahasiswa undip membuat pupuk kompos dibelakang SD

Tunjungsari, Jumat  27 Januari 2017. TIM KKN desa Tunjungsari mengunjungi SDN Tunjungsari untuk melakukan sosialisasi dan  Pemutaran Film Dokumenter yang berjudul “Perang Diponegoro”. kegiatan ini targetnya hanya siswa Kelas 6 SDN Tunjungsari dan bertujuan untuk memperkenalkan film-film kepahlawanan sebagai pembelajaran tentang perjuangan Diponegoro dalam menyelamatkan Tanah Jawa dari tangan Penjajah. Inti dari Pemutaran film, siswa siswi dapat mengambil nilai-nilai kepahlawanan dari film Perang Diponegoro tersebut.

lutffiPemutaran Film Dokumenter Perang Diponegoro

Tunjungsari Jumat, 27 Januari 2017. Salah satu TIM KKN Desa Tunjungsarri juga mengadakan  sosialisasi tentang pangan sehat yang ASUH terhadap siswa siswi SD N Tunjungsari. Sosialisasi didasari oleh kebiasaan siswa siswi SDN Tunjungsari yang masih jajan sembarangan. Kebiasaan jajan sembarangan ini dikhawatirkan dapat mempengaruhi kesehatan siswa siswi SDN Tunjungsari. Kegiatan diawali dengan pengenalan beberapa jajanan yang berpengaruh baik dan tidak baik terhadap kesehatan dan diakhiri dengan Aksi Gizi Superhero minum susu “Saya pelajar hebat yang rajin minum susu”. Siswa Hebat itu Siswa yang sehat !!!

singgihAksi Gizi Superhero Minum Susu

Editor: Ir. Bambang Sulistiyanto, M.Agr.Sc., Ph.D.

Tanggal Review: 30 Januari 2017