Belajar Matematika secara Mandiri Menggunakan Batang Napier
Batang, (15/7/2020). Pandemi Covid-19 mengakibatkan kegiatan belajar dan mengajar dilakukan secara daring (online). KBM secara daring memiliki nilai positif yaitu menambah wawasan mengenai teknologi yang ada. Disisi lain, KBM secara daring terasa membosankan dan membuat kegiatan belajar menjadi lebih sulit karena harus belajar secara mandiri dengan fasilitas yang ada.
Pada kegiatan KKN TIM II UNDIP 2019/2020 kali ini, mahasiswa S-1 Matematika UNDIP memperkenalkan alat peraga Matematika sebagai alat bantu dalam belajar Matematika di rumah secara mandiri khususnya tentang perkalian dan pembagian guna mendukung pencapaian indikator Suistainable Development Goals (SDGs) yaitu Quality Education (pendidikan berkualitas). Kegiatan tersebut diikuti oleh siswa SD dan SMP di dukuh Cendono khususnya RT. 11.
Alat peraga Matematika yang dikenalkan adalah Batang Napier. Dengan menggunakan Batang Napier, siswa dapat belajar perkalian dan pembagian secara mudah. Dalam kegiatan kali ini, siswa diajarkan tentang bagaimana cara membuat Batang Napier dan bagaimana cara menggunakan Batang Napier. Dengan dikenalkannya Batang Napier, diharapkan siswa dapat belajar Matematika secara mandiri dengan mudah dan tidak membosankan.
Setelah mengenal dan belajar dengan menggunakan Batang Napier, anak-anak merasa lebih mudah untuk menyelesaikan persoalan perkalian dan pembagian. Bagi mereka, belajar menggunakan Batang Napier lebih mudah dipahami dan menyenangkan.
Anita Laela Sari (S-1 Matematika FSM UNDIP 2017)
Editor: Nikie Astorina Yunita Dewanti, SKM, M. Kes.