MAHASISWA UNDIP MELAKUKAN PENYULUHAN BARANG WAJIB ERA NEW NORMAL, APA ITU?

Cilegon – Hand Sanitizer menjadi referensi untuk membersihkan tangan disaat tidak tersedianya akses air maupun sabun. Tetapi mencuci tangan dengan sabun dikatakan lebih efektif membunuh kuman dibandingkan dengan menggunakan hand sanitizer, apalagi pada saat ini kita memasuki Era New Normal dimana terdapat beberapa aktivitas diluar ruanagn. Hal ini membuat hand sanitizer menjadi barang yang wajib di Era new Normal. 

Sabtu (18/7), beberapa Ibu Rumah Tangga Taman Cilegon indah ikut serta dalam penyuluhan protokol covid-19 dan pembuatan hand sanitizer yang dipandu oleh Zulfaa, Mahasiswa KKN tim 2 Undip. Hal ini dilakukan untuk mengingatkan kembali masyarakatnya agar tetap waspada, menjaga kesehatan, serta menerapkan kehidupan yang bersih dan sehat terutama untuk selalu menjaga kebersihan tangan. 

Dalam meminimalisir pengeluaran perekonomian rumah tangga maka pembuatan hand sanitizer dapat menjadi salah satu gagasan bagi ibu rumah tangga. Sejalan dengan pendapat Annisah, selaku pendamping perwakilan RW setempat menyatakan kegiatan tersebut sangat bermanfaat khususnya bagi ibu rumah tangga. Pembuatan hand sanitizer tentunya telah disesuaikan dengan standar yang ditetapkan World Healt Organization (WHO). Salah satu ibu rumah tangga yaitu Suyati yang ikut serta dalam membuat hand sanitizer menuturkan bahwasannya hal tersebut dapat menjadi peluang usaha. Harapannya dengan adanya penyuluhan protokol Covid-19 dan pembuatan Hand sanitizer, dapat menciptakan lingkungan Taman Cilegon Indah yang bersih dan sehat, menghemat pengeluaran perekonomian rumah tangga, serta dapat menjadi peluang usaha tidak hanya selama masa pandemi Covid-19 tetapi juga terus berkelanjutan dalam kehidupan sehari-hari.

Perwakilan IRT Taman Cilegon Indah, Suyeti (Kiri), Berpartisipasi dalam membuat hand sanitizer, Sabtu (18/7/2020). 
Foto: Zulfaa
Produk hand sanitizer yang dibuat bersama dengan IRT Taman Cilegon Indah
Foto: Zulfaa

Penulis: Zulfaa
Editor: Khairul Anam