Anak Pasif Saat #dirumahaja? Lakukan Pemanfaatan Limbah Plastik Menjadi Produk Kreatif Yuk!

Hasil Kreasi Anak-Anak RT 004

Bekasi, (26/07/2020) – Akibat pandemi Covid-19 sekolah-sekolah memberlakukan pembelajaran jarak jauh kepada siswa-siswi nya. Pembelajaran ini berbasis online dengan memberikan pekerjaan rumah (PR) serta penjelasan melalui video atau grup whatsapp. Pembelajaran online membuat minat belajar anak-anak menjadi menurun dan menyebabkan pasifnya sikap anak karena melakukan kegiatan yang sama berulang-ulang setiap hari. Dampaknya yaitu anak-anak sering bermain Handphone untuk bermain games atau menonton Youtube sehingga menyebabkan efek radiasi elektromagnetik yang dapat menimbulkan gejala gangguan mental (mood yang berubah-ubah dan sikap buruk) karena kecanduan, jika tidak dibatasi dan diawasi.


Kota Bekasi menghasilkan 1529 ton sampah per hari pada tahun 2015 dan diperkirakan akan terus meningkat setiap tahunnya. Dari persoalan tersebut, terlihat masih minimnya sistem pengelolaan yang tepat sasaran dalam penanggulangan sampah. Kegiatan ini menuntut partisipasi masyarakat terutama anak-anak sebagai penerus bangsa untuk berperan serta pengurangan sampah yang dikenal dengan istilah 3R (Reduce, Reuse dan Recycle) melalui upaya-upaya pemanfaatan yang cerdas dan kreatif.


Melihat kondisi anak-anak dan lingkungan yang semakin memprihatinkan, Mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro berinisiatif menyelenggarakan kegiatan pemanfaatan limbah plastik sebagai produk kreatif yang dilaksanakan di Yayasan Inayatul Abna bersama anak-anak RT 004. Kegiatan ini dilakukan dengan membagi anak-anak menjadi beberapa kelompok terlebih dahulu. Mahasiswa KKN bertugas meningkatkan kreatifitas anak, menyiapkan alat serta membimbing berjalannya kegiatan.

Bimbingan Pembuatan Kreasi

Anak-anak cukup antusias mengikuti kegiatan. Kegiatan ini bertujuan untuk menciptakan suatu produk dari limbah plastik atau 3R (Reduse, Reuse, dan Recycle), meningkatkan kreatifitas anak, dan pastinya meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan. Diharapkan kegiatan ini biasa berkembang menjadi lebih baik lagi, selain meningkatkan kretifitas dan menjaga bumi dari kerusakan, namun juga dapat menjadi kreasi yang memiliki nilai ekonomi.

Pemberian Reward


Mahasiswa : Safira Rosyada (24020117120025)
Dosen Pembimbing Lapangan : Ir. Kustopo Budiraharjo, MP