Warga dan Mahasiswa Tanggap Cepat Protokol Kesehatan Era New Normal

emanggung (21/07/20). Masa pandemi COVID-19 belum berakhir membuat kita harus memasuki masa adaptasi kebiasaan baru, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan di kehidupan sehari-hari. Mahasiswa UNDIP melaksanakan program kegiatan KKN yang bertemakan pencegahan COVID-19 bersama dengan warga di lingkungan RW 02 Kauman, Kelurahan Temanggung II, Kecamatan Temanggung, Kabupaten Temanggung. Program kegiatan kali ini bertajuk ‘Tanggap Cepat Protokol Kesehatan Era New Normal’. Hal tersebut dilaksanakan mengingat kian berkurangnya kesadaran warga, terhadap penerapan protokol kesehatan yang dibentuk oleh pemerintah.

Pertama, kegiatan dilakukan dengan pemasangan poster di Balai RW 02 Kauman pada hari Minggu, 19 Juli 2020, bertepatan dengan kerja bakti bersama warga yang biasa dilakukan setiap sebulan sekali. Poster berisi protokol kesehatan di tempat dan fasilitas umum seperti rumah ibadah, pasar atau swalayan, tempat kerja dan transportasi umum. Kedua, kegiatan dengan metode dor to dor dari rumah ke rumah untuk membagikan brosur yang berisi protokol kesehatan di tempat dan fasilitas umum, serta penyampaian materi kepada warga di setiap rumah secara singkat yang dilakukan dalam dua tahap. Rangkaian kegiatan dilakukan pada Hari Senin dan Selasa, 20 dan 21 Juli.

Pembagian brosur protokol kesehatan
di salah satu rumah warga

Seperti yang kita ketahuui, setiap hari kasus positif COVID-19 semakin bertambah meskipun korban yang sembuh juga turut bertambah. Khususnya di Kabupaten Temanggung sendiri, walaupun BPBD Kabupaten telah memberikan berita secara resmi pasien positif tersisa satu orang tetapi sebagai warga tetap harus waspada dan rajin menjaga kebersihan dan kesehatan. Dengan adanya himbauan mengenai protokol kesehatan di era new normal diharapkan para warga RW 02 Kauman dapat tetap menerapkannya dan menjaga kesehatan meskipun keadaan sudah mengalami pelonggaran. (Nur Azizah S / Eko Ariyanto)


Poster protokol kesehatan yang ditempel di Balai RW 02 Kauman