Ekado Ikan Lele Meningkatkan Produktivitas Ibu Rumah Tangga

Wringinanom – Minggu, 19 Juli 2020 diselenggarakan pelatihan pembuatan ekado ikan lele. Kegiatan yang diselenggarakan oleh salah satu mahasiswi KKN UNDIP ini, bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan produktivitas ibu rumah tangga mengenai inovasi pengolahan ikan lele di masa pandemi covid-19. Aktivitas yang terbatas selama pandemi covid-19 menurunkan produktivitas masyarakat. Selain itu, ketahanan pangan selama pandemi menjadi hal yang harus diperhatikan walaupun sebatas lingkup keluarga.

Salah satu bahan pangan potensial yang dimiliki oleh masyarakat adalah ikan lele, yang banyak dipelihara di kolam pribadi. Ikan lele menjadi salah satu sumber protein unggul dan memiliki gizi yang lengkap, dibandingkan sumber protein lain. Pengolahan ikan lele yang belum bervariasi menjadikan pelatihan pembuatan ekado ini menjadi hal yang menarik bagi ibu-ibu rumah tangga.

Kegiatan Pelatihan Pembuatan Ekado Ikan Lele
(Sumber : Dokumentasi Pribadi)
 

Kegiatan dilaksanakan mulai pukul 13.00-15.00 WIB di rumah Bapak Bunyamin. Rangkaian kegiatan dimulai dengan pengenalan manfaat ikan untuk dikonsumsi, informasi kandungan gizi unggulan dari ikan dan produk-produk olahannya. Kegiatan dilanjutkan dengan pelatihan pembuatan ekado ikan lele. Ibu-ibu rumah tangga belajar membungkus adonan ekado ikan lele dengan kulit pangsit dan diikat dengan daun kucai.

Akhir dari kegiatan ini yaitu membagikan resep ekado ikan lele kepada masing-masing peserta pelatihan. Melalui kegiatan ini diharapkan ibu-ibu rumah tangga dapat membuat produk olahan ikan lele yang lebih bervariasi, kemudian dapat menjaga ketahanan pangan keluarga di masa pandemi covid-19 ini.

“ Ayo ibu-ibu ini bisa dibuat usaha bareng, rasanya enak mboten amis niki”, ucap Ibu Rohmat salah satu peserta pelatihan. (Ratna Rofikoh / Eko Ariyanto)