Bingung saat Keadaan Darurat: Mahasiswa lakukan Sosialisasi ‘Ambulan Hebat’ kepada Warga

Tembalang, Semarang (26/7), Di masa pandemi ini, Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) UNDIP  berbeda dari tahun – tahun sebelumnya. Tahun ini UNDIP memberikan konsep KKN baru yang pelaksanaannya di daerah mahasiswa tinggal, atau yang dikenal dengan ‘KKN Pulang Kampung’. Salah satu program mahasiswa yang dilakukan yaitu sosialisasi aplikasi ‘Ambulan Hebat’ kepada warga RT 02/02 Kelurahan Tembalang, Semarang.

Aplikasi ‘Ambulan Hebat’ merupakan aplikasi yang dibuat oleh Pemkot Semarang untuk meningkatkan pelayanan kesehatan terutama Ambulan yang sigap dan cepat. Namun, masih terdapat warga yang tidak mengetahui adanya aplikasi ini sehingga masih kesulitan untuk mencari ambulan karena tidak mempunyai nomor telepon darurat atau RS terdekat untuk meminta ambulan. Fakta ini pun diperoleh dari Ketua RT 02/02 Tembalang, Semarang dimana salah satu warganya mengalami keadaan darurat dan memerlukan ambulan, akan tetapi keluarganya tidak mengetahui nomor darurat untuk memanggil ambulan sehingga mencari kenalan lain untuk menelpon ambulan.

Sosialisasi ini berlangsung selama 1 minggu pada tanggal 18 – 24 Juli 2020 dengan sistem Door to door, yaitu mendatangi rumah warga. Pada pelaksanaannya pun tetap menggunakan protokol kesehatan, dimana 1 hari hanya mendatangai 1 rumah agar mencegah penyebaran Covid.

Sosialisasi berlangsung dengan menggunakan protokol kesehatan

Sosialisasi ini pun disambut baik oleh warga, seperti yang dilakukan oleh Ibu Y dengan mendownload aplikasi ini langsung pada smartphone milik pribadi.

Selain itu, mahasiswa pun menempel poster terkait cara penggunaan aplikasi ‘Ambulan Hebat’ di tempat strategis yang dapat dilihat oleh warga sekitar.

Adanya program KKN ini, diharapkan mampu meningkatkan pengetahuan warga sekitar terkait pelayanan publik khususnya kesehatan yang mudah diakses ketika terjadi keadaan darurat.

Penulis: Marinda Trisna Mumu