Kolaborasi Cipta Masyarakat Taat Kenormalan Baru

PURBALINGGA – Diskusi kesehatan bersama Bidan Desa, Perangkat Desa, serta dihadiri pihak Dinas Kesehatan Kabupaten Purbalingga dalam bentuk Forum Kesehatan Desa (FKD) memfokuskan diskusi terkait permasalahan-permasalahan yang berkaitan dengan adanya pandemi serta solusi-solusi dalam bentuk perencanaan program yang akan dilaksanakan kedepannya. Ibu Asih (Bidan) memaparkan kondisi terkini terkait permasalahan serta rancangan program termasuk didalamnya adalah pematangan sosialisasi dan edukasi pencegahan penulan COVID-19, seperti edukasi Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS), tata cara bepergian, prosedur batuk yang benar; perencanaan pelaksanaan Posyandu yang disesuaikan dengan protokol kesehatan; serta perencana dilakukannya Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dikarenakan sejauh ini pasien DBD terus meningkat dikarenakan kurang perhatian dari masyarakat tentang pencegahan DBD.

Pelaksanaan program-program kesehatan tersebut akan dilaksanakan oleh mahasiswa dengan bekerjasama dengan Bidan Desa dalam pengawasan pemerintah desa. Edukasi dinilai sangat efektif dalam upaya pencegahan penularan COVID-19 yang rencananya akan dilakukan secara door to door ke rumah-rumah masyarakat. Untuk mahasiswa KKN sendiri daerah yang akan dilakukan edukasi utamanya adalah kepada masyarakat RT 02/03 Desa Gemuruh.

Sosialisasi dan edukasi yang akan dilaksanakan diharapkan dapat membantu masyarakat lebih memahami konsep new normal, menumbuhkan kesadaran yang membatu masyarakat mampu menerapkan protokol kesehatan dalam upaya pencegahan penularan COVID-19 dengan penuh tanggung jawab dalam kehidupan dan aktivitas sehari-hari.