CEGAH MASALAH MENTAL PADA REMAJA, MAHASISWA UNDIP EDUKASI REMAJA PENTINGNYA MENJAGA KESEHATAN MENTAL

Pekanbaru (23/07/20) Remaja mengalami masa transisi dari masa kanak-kanak menuju masa dewasa yang tidak mudah. Hal ini terjadi oleh karena di masa ini penuh dengan gejolak perubahan baik perubahan biologis, psikologis, mapun perubahan sosial. Semua perubahan tersebut dapat berisiko terhadap kesehatan mental mereka. Remaja bisa mengalami stres yang jika tidak ditangani dengan tepat akan membuat keadaan kesehatan mental mereka semakin buruk. Menurut hasil survey  yang telah dilakukan, beberapa remaja mengeluhkan permasalahan yang dialami diantaranya adalah sulit beradaptasi dengan lingkungan baru, stres akan beban dan tuntutan akademis yang semakin berat, adanya konflik dengan orangtua, masalah pertemanan, kebingungan akan masa depan, dan isu-isu mengenai diri lainnya. Setiap remaja memiliki potensi untuk dapat mencapai kepribadian matang yang memungkinkan mereka dapat menghadapi tantangan hidup secara wajar di dalam lingkungannya. Dengan adanya kesadaran dan pemahaman remaja mengenai pentingnya menjaga kesehatan mental akan membuat mereka mampu menghadapi berbagai tantangan di masa mendatang.

Gambar 1. Materi Booklet Psikoedukasi Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental Bagi Remaja

Program psikoedukasi pentingnya menjaga kesehatan mental pada remaja menjadi salah satu kegiatan KKN yang dilaksanakan oleh Fatimah Aida Zakiyah Firdaus, mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro yang membahas seputar remaja, kesehatan mental, mengenal emosi dan stres serta tips penanganannya bagi remaja. Program yang dilaksanakan pada hari Kamis, 23 Juli 2020 ini dilakukan di Aula Kantor Kelurahan Lembah Damai. Materi psikoedukasi dikemas dalam bentuk booklet yang dibagikan kepada masing-masing peserta dan diberikan sosialisasi materi psikoedukasi pada hari pelaksanaan program.

Gambar 2. Pelaksanaan Program Psikoedukasi Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental Bagi Remaja

Program psikoedukasi mengajak remaja sekitar Kelurahan Lembah Damai, Kecamatan Rumbai Pesisir, Kabupaten Pekanbaru untuk memahami diri sebagai remaja yang sedang mengalami masa yang penting dalam tahap perkembangan dan masa peralihan dari masa kanak-kanak menuju masa dewasa. Selain itu, program psikoedukasi juga membahas bagaimana remaja dapat memahami emosi dan bagaimana mengelola emosi. Remaja yang dapat mengelola emosinya dapat mengekspresikan perasaannya secara efektif. Program psikoedukasi juga membahas mengenai stres dan strategi penyesuaian terhadap stres yang dialami. Dengan begitu, remaja diharapkan dapat memahami dirinya dan menyesuaikan diri ketika dihadapkan oleh suatu permasalahan dan tantangan di tahap perkembangannya.