Mahasiswa KKN Undip Ajak Masyarakat Kelurahan Pematang Pudu Kelola Sampah dengan Benar

Duri, Riau (22/7) Mahasiswa KKN Tim II Undip melakukan sosialisasi dan pembagian leaflet mengenai pemilahan sampah dan cara pembuatan kompos kepada masyarakat RT 004/RW 008 Kelurahan Pematang Pudu, Kecamatan Mandau, Kabupaten Bengkalis, Riau. Hal ini dilakukan untuk memberikan edukasi dan kesadaran kepada masyarakat terutama mengenai cara pemilahan sampah agar sampah rumah tangga yang selama ini langsung dibuang dapat dipilah terlebih dahulu dan diolah menurut jenis sampah tersebut.

Kegiatan ini bertujuan untuk meminimalisir adanya pembakaran sampah yang dapat merusak iklim dan untuk mengurangi kebiasaan membuang sampah tidak pada tempatnya. Selain itu setelah sampah selesai dipilah sampah dengan jenis organik seperti bekas makanan, sayuran, cangkang telur, dan lain-lain dapat diolah kembali menjadi pupuk kompos dan sampah anorganik seperti plastik bekas kemasan minuman, makanan, dan lain-lain dapat diolah menjadi kerajinan seperti tas, mainan anak, dan lain-lain.

Gambar leaflet pemilahan sampah yang akan diberikan kepada masyarakat setempat

Rata-rata masyarakat RT 004/RW 008 secara umum masih belum mengelola sampah yang dihasilkan oleh kegiatan rumah tangga mereka dengan baik. Sampah biasanya diangkut oleh truk pengangkut sampah yang dikelola oleh pihak swasta atau dikumpulkan di pekarangan rumah tanpa sebelumnya dilakukan pewadahan dan langsung dibakar. Maka dari itu, diperlukan adanya edukasi mengenai cara pemilahan sampah kepada masyarakat agar masyarakat dapat lebih baik lagi dalam menangani masalah persampahan rumah tangga.

Pada kegiatan ini antusiasme masyarakat RT 004/RW 008 cukup baik, saat sosialisasi dan pembagiaan leaflet mengenai cara pemilahan sampah dan pengolahan sampah menjadi kompos yang dilakukan secara door to door ibu – ibu sangat aktif dalam bertanya dan ingin tahu mengenai cara pembuatan kompos dari sampah organik dan pembuatan kerajinan tangan dari sampah anorganik. Bapak Sugiono sendiri, selaku ketua RT 004/RW 008 berharap setelah dilakukannya edukasi mengenai cara pemilahan sampah ini nantinya masyarakat sekitar bisa mengolah sampah rumah tangga mereka sendiri, sehingga wilayah RT 004/RW 008 nantinya dapat terbebas dari masalah persampahan yang selama ini masih menjadi salah satu masalah utama.

Diharapkan dari kegiatan ini nantinya dapat mengubah kebiasaan masyarakat dalam mengelola sampah dan dapat menambah keterampilan masyarakat mengenai cara pengelolaan sampah.

Oleh : Nurul Afifah / 21080117130047 (Teknik Lingkungan 2017)

DPL : Prof. Dr. Ir. Florentina Kusmiyati, M.Sc.

Kelurahan Pematang Pudu, Kecamatan Mandau, Kabupaten Bengkalis, Riau