EDUKASI CARA BETERNAK RAMAH LINGKUNGAN

Selomerto, Wonosobo (13/7).  Mahasiswa KKN Tim II UNDIP 2020 melakukan rangkaian kegiatan pembinaan terhadap beberapa UKM Ternak Ayam Pedanging di Dusun Petir, Desa Bumitirto, menuju ternak modern ramah lingkungan. Dengan adanya pandemic Covid-19 mengharuskan warga menghindari kerumunan masa, sehingga pelaksanaan kegiatan ini dilakukan secara door to door  ke setiap UKM Ternak Ayam.

Beternak dengan sistem konvensional menggunakan kandang tipe Open House menimbulkan dampak negatif bagi lingkungan,  di antaranya : muncul bau yang tidak sedap akibat sirkulasi udara di dalam kandang yang kurang maksimal, kondisi kandang yang terbuka menyebabkan bulu ayam dan debu beterbangan serta hama nyamuk dan lalat yang sulit di kendalikan sehingga mengganggu warga sekitar. Seperti halnya yang dirasakan masyarakat Dusun Petir, sehingga pembinaan sangat perlu dilakukan.

Kegiatan pembinaan dilakukan secara langsung interaktif dengan menggunakan media cetak berupa modul dan pembuatan desain kandang modern ramah lingkungan (Close House) yang kemudian dipresentasikan oleh mahasiswa terhadap pemilik dan para pekerja ternak dengan harapan dapat mengurangi pencemaran lingkungan.

Kondisi Kandang Ayam Open House (Konvensional) Milik Bapak Slamet

Selain mengurangi pencemaran lingkungan, beternak dengan sistem Close House juga dapat meningkatkan kapasitas kandang, meminimalisir stress lingkungan, mempermudah mengontrol temperatur dan Bio Security, meningkatkan performance ayam sedangkan biaya per kg ayam hidup rendah. Dengan kelebihan yang dihasilkan dari beternak sistem Close House dapat meningkatkan profit UKM Ternak Ayam menjadi 2x lipat.

Penyampaian Materi Edukasi Cara Beternak Sistem Close House

Kegiatan ini disambut hangat oleh pemilik UKM Ternak Ayam Pedaging dan warga sekitar dengan antusias yang sangat baik selama keberlangsungan program. Menurut Bapak Slamet, salah satu pemilik UKM yang mengikuti kegiatan, edukasi ini sangat bermanfaat terlebih lagi sistem beternak yang diajarkan begitu menjanjikan. Harapannya program ini dapat benar-benar diterapkan di setiap UKM Ternak Ayam Pedaging di Dusun Petir, sehingga dapat mengurangi pencemaran lingkungan serta menggenjot perekonomian warga. (Argyantara Gigih P / Eko Ariyanto)