Belajar Di Rumah Bikin Jenuh ? Mahasiswa UNDIP Ajak Anak-Anak Belajar Menabung dan Cuci Tangan Sambil Bermain

Brebes (24/7), dengan adanya pandemic ini pemerintah mengeluarkan kebijakan yang mewajibakan untuk kegiatan belajar mengajar dilakukan secara online atau sering disebut dengan Belajar di Rumah. Namun anak-anak mulai merasa jenuh dengan kegiatan belajar di rumah yang terlalu lama karena dengan belajar di rumah menyebabkan lebih banyaknya tugas yang diberikan. Selain itu masih banyak anak-anak yang tidak memanfaatkan waktunya secara maksimal untuk belajar melainkan lebih memilih untuk bermain dengan teman sebayanya.

Oleh karena itu, untuk mengisi waktu luang anak-anak agar lebih bermanfaat, maka mahasiswa Undip pada kegiatan KKN TIM II Tahun 2020 ini membuat program “Edukasi Manajemen Uang Sejak Dini dan Cuci Tangan” yang digagas oleh Shafa Salsabila (Prodi Manajemen) bertempat di kediaman mahasiswa di RT 01 RW 05 Kelurahan Bumiayu, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes. Program ini bertujuan untuk mengisi waktu luang anak-anak di masa pandemic, sebagai sarana untuk belajar menabung, mengurangi kecanduan bermain game pada anak, serta mengedukasi terkait cuci tangan sesuai dengan rekomendasi WHO.

Kegiatan ini diisi dengan sosialisasi mengenai manajemen uang sejak dini dan cuci tangan, dilanjutkan dengan praktek cuci tangan, serta pembuatan celengan dari bahan bekas kepada anak-anak yang nantinya digunakan sebagai tempat untuk menabung. Kegiatan ini dihadiri oleh kurang lebih 7 orang anak-anak di sekitar kediaman, mengingat adanya keterbatasan lahan pada tempat pelaksanaan. Pelaksanaan kegiatan ini direspon positif oleh warga setempat. Anak-anak juga turut antusias dalam mengikuti seluruh rangkaian kegiatan. Kegiatan ini dilaksanakan dengan tetap memperhatikan protocol Kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah seperti pesera yang hadir wajib menggunakan masker. Dengan adanya program ini diharapkan kedepannya anak-anak mampu menyisihkan uang jajannya untuk ditabung dan bertanggung jawab dengan uang yang dipunya serta dapat menerapkan cara cuci tangan yang direkomendasikan oleh WHO.

Sosialisasi Manajemen Uang Sejak Dini dan Pembuatan Celengan dari Bahan Bekas
Sosialisasi dan Praktek Cuci Tangan

(Shafa Salsabila, 12010117120016 – Departemen Manajemen 2017 Fakultas Ekonomika dan Bisnis)

Ed. Ir. Bambang Sulistiyanto, M.Agr.Sc., Ph.D., I.P.U.