Bisnis mengalami penurunan selama Pandemi Covid-19, Mahasiswa UNDIP Ajarkan Berbisnis Melalui Media Digital

Tambakreja, Cilacap (16/07/2020) – Pada masa Pandemi Covid19 ini, banyak sektor yang terdampak. Salah satu yang paling terdampak yaitu sektor perekonomian. Banyak bisnis masyarakat yang mengalami penurunan penjualan yang drastis akibat Pandemi Covid19. Hal ini salah satunya disebabkan banyak masyarakat yang masih enggan untuk keluar rumah karena takut akan Covid19 ini. Dengan penurunan penjualan yang drastis, maka dapat mengakibatkan bisnis merugi. Ditemukan fakta di lapangan adanya pandemi ini sangat berdampak bagi bisnis UMKM mereka. Masyarakat yang memiliki bisnis UMKM di wilayah Tambakreja mengalami penurunan penjualan dan merasa khawatir jika pandemi ini berjalan terus menerus maka bisnis UMKM akan mengalami kerugian bahkan bangkrut. Karena pandemi Covid19 ini tidak tahu kapan akan berakhir, maka perlu ada inovasi agar bisnis tetap berjalan di masa pandemi ini. Salah satu inovasi tersebut adalah penggunaan media digital.
Kurangnya pengetahuan masyarakat tentang bisnis dengan menggunakan media digital mendorong salah satu mahasiswa UNDIP, Talitha Sacharisa Maretadriana (FISIP 2017), untuk melakukan pemebrdayaan masyarakat dengan tema “Pengembangan Bisnis Melalui Media Digital di Era New Normal atau Adaptasi Kebiasaan Baru” sebagai salah satu program KKN mandirinya. Kegiatan ini dilaksanakan di Kelurahan Tambakreja, Cilacap yang disertai dengan pembagian poster. Dalam pelaksanaan kegiatan ini dilakukan dengan door to door karena sesuai dengan anjuran dari Bupati Cilacap bahwa dilarang untuk berkerumun dan tentunya tetap memperhatikan protokol kesehatan. Pemberdayaan masyarakat ini bertujuan agar mayarakat lebih memahami tentang berbisnis di media digital dan diharapkan dapat meningkatkan penjualan dengan berbisnis melalui media digital.

Pada pelaksanaan kegiatan pemberdayaan masyarakat ini, juga dilakukan praktek langsung berbisnis di media digital yang salah satunya adalah melalui e-commerce shopee. Diharapkan dengan adanya pemberdayaan masyarakat ini, pemilik bisnis UMKM dapat mengimplementasikannya dalam kegiatan bisnisnya agar tetap berjalan di masa pandemi Covid19 ini dan diharapkan dapat mengatasi permasalahan ekonomi yang terjadi pada bisnis UMKM mereka.
Oleh : Talitha Sacharisa Maretadriana, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Diponegoro
Editor: Zaki Ainul Fadli, S.S., M.Hum.